ETNOMATEMATIKA PADA AKABILAN SEBAGAI MAKANAN KHAS MASYARAKATA KABUPATEN MALAKA
Keywords:
Etnomatematika, AkabilanAbstract
Akabilan merupakan makan khas masyarakat Kabupaten Malaka-Nusa Tenggara Timur yang telah diwariskan oleh nenek moyang sejak dahulu kala sampai dengan saat ini. Akabilan adalah hidangan yang terbuat dari sagu, kacang hijau, parutan kelapa, dan sedikit garam. Makanan ini memiliki cita rasa unik dan menggugah selera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat pada Akabilan. Metode dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksplorasi dengan
menggunakan pendekatan etnografi untuk memperoleh penjelasan dan analisis secara detail berdasarkan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika dalam hal ini konsep lingkaran pada Babilak dan Akabilan.
References
Aditya, D.Y. (2018) ‘Eksplorasi Unsur Matematika dalam Kebudayaan Masyarakat Jawa.’, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), pp. 253–261. Available at:
https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2236.
Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (R. KR (ed.); 1st ed.). Ar-Ruzz
Media.
Ascher, M., & D’Ambrosio, U. (1994). Ethnomathematics: A Dialogue. For the
Learning of Mathematics, 14(2), 36–43.
Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). Studi Etnomatematika
pada Makanan Tradisional Cilacap. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218.
Dinar Fauziyah, F. and Faridah, S. (2022) ‘ETNOMATEMATIKA: Konsep Perbandingan pada Proses Pembuatan Lontong Kupang Khas Sidoarjo’, Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), pp. 27–37. doi:10.18860/gjppm.v1i1.1073.
Guerrero, L., Claret, A., Verbeke, W., Enderli, G., Zakowska-Biesmans, S.,
Vanhonacker, F., Issanchou, S., Sajdakowska, M., Granli, B. S., Scalvedi, L., Contel, M., & Hersleth, M. (2010). Perception of traditional food products in six
European regions using free word association. Food Quality and Preference,
(2), 225–233. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2009.06.003
Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan
Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Harahap, S.A. and Rakhmawati, F. (2022) ‘Etnomatematika dalam Proses Pembuatan Tempe’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), pp. 1291–1300. doi:10.31004/cendekia.v6i2.1354.
Purwaning Tyas, A. S. (2017). Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia dalam
Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(2), 1–14.
https://doi.org/10.22146/jpt.24970
Rusmayanti, & Sutirna. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kue Tradisional
Semprong Khas Dari Karawang. Maju, 8(2), 76–83.
https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/704
Richardo, R. (2016) ‘Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), pp. 118–125. Available at: https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian pendidikan Deskriptif. In Metode Penelitian
Deskriptif.
Widada, W., Jumri, R. and Damara, B.E.P. (2018) ‘The Influence of the Inquiry Learning Based on Ethnomathematics from South Bengkulu on the Ability of Mathematical Representation’, in Seminar on Advances in Mathematics, Science, and Engineering for Elementary Schools Mercure Hotel Yogyakarta, pp. 20–29. Available at: https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10724.
Wulandari, I., & Puspadewi, K. R. (2016). Budaya Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31–37.
https://www.neliti.com/publications/129201/budaya-dan-implikasinya-terhadap-pembelajaranmatematika