SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : TREN PENELITIAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • Woro Anglia Banda Sutomo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Turmudi Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Systematic Literature Review, Media Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penggunaan media pembelajaran memiliki peran penting dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan beragam jenis media pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penelitian penggunaan media pembelajaran terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan seluruh artikel yang memiliki studi serupa. Artikel yang berhasil di sintesis dalam penelitian ini sebanyak 29 artikel yang diterbitkan pada tahun 2022 – 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media pembelajaran memberikan pengaruh atau dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) jenis media pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah Quizziz, (3) artikel –artikel yang dikumpulkan sebagian besar berfokus pada penelitian di jenjang SMP dan (4) peneliti cenderung menggunakan metode kuantitatif dalam penelitiannya.

References

Alvita, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Santo Benediktus Pahauman. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Astuti, Oktaviana, D., & Firdaus, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar pada Siswa SMP. JMPM : Jurnal Media Pendidikan Matematika.

Damayanti, N. N. (2023). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Fraction Digital Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas V SD. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.

Destiara, D., Handayani, H., & Setiawati, T. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Papan Berpaku (Geoboard) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang. Sebelas April Elementary School.

Fika, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Lampung : UIN Raden Intan .

Fitri, I. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Materi Bilangan di Kelas VII SMP Bina Utama Pontianak. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Hamda, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pokok Bahasan Peluang terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. JEPM : Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika.

Handayani, T., Sutiarso, S., & Firdaus, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis FilpaClip Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika.

Harefa, D., & La'ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara : Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.

Haryani, M., Wahyuningtyas, R., Sakinah, Z. N., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, (hal. 359 367).

Heryana, P., Rusdiyani, I., & Nulhakim, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Microsoft Math Solver (MMS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. JPMI : Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.

Husni, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Berbantuan Media Question Box Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Matematis Peserta Didik. Lampung: UIN Raden Intan .

Ibda, F. (2015 ). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Intelektualita, 27 - 38.

Khaerunisah, E. E., & Rini, Z. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Papan Diagram (PADI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An.

Mawar, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VII SMP Negeri 2 Ledo. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Mulkiah, S., Gustianah, S., Ramadhan, G., & Ashari, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Metatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8 - 17.

Nugraha, M. R., & Basuki. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus, 215 - 228.

Nurfadhilah , S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06. Jurnal PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 280 - 296.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 (hal. 546 - 552). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Okpatrioka. (2023). Research and Development (R&D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 86 - 100.

Oktaviani, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem - Based Learning Berbantuan Media Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Priadana, M., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books .

Rahayu, A., Nurdiana, A., & Noviyana, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Jmpm : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung .

Ramadhan, A. F. (2022). Pengambangan Media Pembelajaran Teman Ritma Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Terhadap Materi Pokok Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.

Sampurna, K. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Media Pembelajaran uiz Game Modification Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Lampung: UIN Raden Intan.

Samura, A. O. (2015). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 69 - 79.

Saputri, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Articulate Storyline terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. Riau: UIN Sultan Syarif Kasim.

Saragih, E. M., Silaen, N. E., & Astuti, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran. JPM : jurnal Pendidikan MIPA.

Sari, D. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Bermuatan Karakter Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Peluang Kelas XII Di SMKN 1 Nanga Pinoh. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal on Education, 411 - 416.

Sasmita, R., Mujib, Gunawan, W., Fadila, A., & Abas, E. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media Mobile Learning melalui Game Edukasi Terhadao Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia Didaktika.

Siahaan, Y. S., & Surya, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Matematika.

Sihombing, A. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile (Smart Apps Creator) dalam Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VIII SMPN 5 Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Sihsejati, A. P., & Rini, Z. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repitition Berbantuan Media Cartoons Math terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. Journal on Education.

Silvani, A., Zain, S. S., & Noviyana, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan Media Audio Visual (Youtube) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bandar Lampung, 339 - 348.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana. (2020). Efektifitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian dan Pengabdian, 135 - 141.

Sugiman . (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP : Problematika dan Cara Melatihkannya. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (hal. 331 - 338). Yogyakarta: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Tamur, M., & Juandi, D. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM : Journal Teori dan Aplikasi Matematika .

Warayang, W. J., Ardi, B., & Huda, C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Tangram Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv SDN Pandeanlamper 04 Materi Bangun Datar Segi Banyak Beraturan dan Tidak Beraturan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang.

Wulandari, R., Endriana, N., & Rasidi, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Geoenzo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Geometri. Jurnal Ulmiah IKIP Mataram.

Yolan, I., Haryadi, R., & Irvandi, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Konstanta : Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 21 - 30.

Yumna, J. S. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran CORE dengan Permainan Putar Bawah dan Media Board Game Labirin terhadap Kemampuaan Pemecahan Masalah ditinjau dari Kecemasan Emotional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta tahun Ajaran 2022/2023. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret .

Downloads

Published

2024-04-01