RANCANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK FASE D

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Riau
  • Yenita Roza Universitas Riau
  • Atma Murni Universitas Riau

Keywords:

Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran atau rancangan pembelajaran yang berlandaskan pada kurikulum yang diaplikasikan dengan tujuan untuk menggapai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana prosedur pengembangan modul ajar pada topik bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan kecakapan pemecahan masalah  matematis siswa fase D.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan modul ajar diorientasikan berdasarkan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefisinian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dissemination). Penelitian yang dilakukan peneliti hanya sampai pada tahap perencanaan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi untuk menilai validitas modul ajar dan instrument praktikalitas berupa angket respon peserta didik untuk menilai praktikalitas modul ajar.

References

Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04 No. 02, 1072–1082.

Ariawan, R., & Zetriuslita, Z. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Bahan Ajar Kalkulus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 503–515.

Buranda, M. S., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Materi Lingkaran Siswa SMP Berdasarkan Gender. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 33–40.

Dasaprawira, M. N., & Susanti, E. (2019). Developing Mathematics Questions of PISA Type Using Bangka Context. Journal on Mathematics Education, 10(2), 303–314.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.

Istikomah, E., & Herlina, S. (2020). The Integral Calculus Module Through Mobile Learning In Mathematics Learning. Mathematics Research and Education Journal, 4(1), 1–6.

Kemdikbudristek. (2021). Konsep Komponen Modul Ajar.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150.

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 394–405.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Moust, J., Bouhuijs, P., & Schmidt, H. (2021). Introduction to Problem-Based Learning. Routledge.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41.

Seibert, S. A. (2021). Problem-Based Learning: A Strategy to Foster Generation Z’s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.

Downloads

Published

2024-04-01