ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BINJAI PADA MATERI MATRIKS

Authors

  • Syafira Khairani STKIP Budidaya Binjai
  • Mardiati STKIP Budidaya Binjai

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Matriks

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMA pada materi matriks. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2023/2024. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 7 yang berjumlah 28 siswa. Kemampuan matematis siswa ditentukan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk pengambilan data. Data ini kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil jawaban tes diperoleh bahwa: 1. Kemampuan representasi visual tergolong dalam kategori tidak baik, karena sebanyak 21 siswa dari 28 siswa tidak mampu menyelesaikan soal dengan tepat kedalam persamaan matriks. 2. Kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematis tergolong dalam kategori baik, karena sebanyak 21 siswa dari 28 siswa mampu menyelesaikan soal dengan tepat, meskipun ada beberapa siswa yang menyelesaikan soal tidak sesuai dengan indikator representasi persamaan atau ekspresi matematis. 3. Kemampuan representasi kata atau teks tertulis tergolong dalam kategori tidak baik, karena sebanyak 21 siswa dari 28 siswa tidak mampu menyelesaikan soal menggunakan kata-kata atau teks tertulis dengan tepat. Maka dari itu, kemampuan representasi matematis siswa SMA Negeri 2 Binjai kelas XI IPA 7 termasuk dalam kategori yang rendah.

References

Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 14–24. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2024.

Fattah, B., Zawawi, I., & Midjan, M. (2018). Representasi Matematis Peserta Didik Menurut Pandangan Bruner Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Jenis Kelamin. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 24(2), 123–138. https://doi.org/10.30587/didaktika.v24i2.333

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Kelas XI. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1093-1104.

Herdiana, Y., Marwan, M., & Morina Zubainur, C. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1250

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Meisari, C., Marta, R., & Yusnira. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(1), 92-102.

Mulyaningsih, S., Marlina, R, & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 99-110.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, M. I., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 975–984. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.975-984

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran Berdasar Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.30659/kontinu.2.1.72-87

Sari, Hani Juita. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri”. Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, 2020.

Sintia., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMAN 1 Klari. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 143-153.

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101

Downloads

Published

2024-04-01