MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Sri Suryaningtyas SMK Negeri 3 Jember

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, pembelajaran matematika

Abstract

Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional di Indonesia. Profil Pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Terdapat enam dimensi yang ingin dicapai melalui pendidikan dimana dimensi tersebut memiliki irisan dengan kemampuan yang akan dicapai setelah siswa belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pembentukan Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Teknik pengumpulan data dengan mengkaji dan menelaah berbagai sumber yang berhubungan dengan membentuk Profil Pelajar Pancasila  melalui pembelajaran matematika. Hasil telaah dan kajian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika yang selama ini dilakukan telah menjadi bagian  dalam membentuk dan membangun Profil Pelajar Pancasila dalam diri siswa.

References

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. KEMENTERIAN PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI.

Daimah, Ummu Soim & Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(02), 131-139.

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577.

Ma’rufah, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Digitalisasi Pendidikan. EDUKASIA : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 17–29.

Nafaridah, Tia, dkk. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional (PROSPEK II) “Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar” 1 Pebruari 2023.

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 185–191.

Septiani, Awaliyah, Novaliyosi, & Hepsi Nindiasari. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421-435.

Wahyuni, W. R. (2022). Perencanaan Penerapan Modul Kegiatan P5 (Kewirausahaan), pada Fase B di SDN Banjarejo 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1626–1634.

Yasa, I Ketut Rumadana. (2023). Pembelajaran Terpadu Terintegrasi P5 dan TIK Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi, 7(19), 67-73.

Downloads

Published

2024-04-01