KAJIAN ETNOMATEMATIKA BANGUNAN ADAT DI DESA PENGLIPURAN DAN UPAYA MEMPEROLEH PENGETAHUAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA BERMAKNA

Authors

  • Sahda Nabila Pramesti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Krisnina Maharani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Sintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Ariyani Kumala Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Eka Audria Maharani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Etnomatematika, Undagi, Pembelajaran Bermakna

Abstract

Kajian yang mengaitkan matematika dengan kebudayaan dalam usaha pengembangan dan mengeksplorasi pembelajaran matematika dikenal dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur matematika yang terdapat dalam bangunan sakral Bali di Desa Penglipuran serta mengintegrasikannya menjadi bahan ajar matematika yang bermakna. Desain penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi etnografi dan metode eksplorasi dalam proses pengumpulan data. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa Undagi di Desa Penglipuran menerapkan konsep entomatematika dalam proses pembangunan bangunan sakral. Mereka menggunakan ukuran-ukuran tubuh seperti lengkat, depa, tampak, ahasta, dan amusti. Etnomatematika yang didapatkan berkaitan dengan konsep yang ada pada matematika formal seperti bangun datar, pengukuran, pembagian, kelipatan, dan penjumlahan berulang, Proses Undagi mendapatkan pengetahuan dengan belajar meniru pada Undagi yang lebih berpengalaman. Berdasarkan hasil dari proses integrasi muatan matematika, etnomatematika dapat membantu melestarikan budaya serta menghasilkan sumber belajar matematika yang bermakna sejalan dengan respon positif yang diberikan oleh siswa dan guru setelah penggunaan media pembelajaran etnomatematika.

References

Abiam, P., Abonyi, O., Ugama, J., Okafor, G., (2016). Effects Of Ethnomathematics-Based Instructional Approach On Primary School Pupils’ Achievement In Geometry, 2nd ED. Ebonyi State University, Nigeria.

Balamurugan, M., (2015). Ethnomathematics; An Approach For Learning Mathematics From Multicultural Perspectives. Int J Modn Res Revs 3, 716–720.

Dwijayasastra, N., (2013). Kajian Arsitektur Hijau Desa Adat Penglipuran Bali.

Fauzi, L.M., Hayati, N., Satriawan, R. and Fahrurrozi, F., 2023. Perceptions of geometry and cultural values on traditional woven fabric motifs of the Sasak people. Jurnal Elemen, 9(1), pp.153-167.

Gazali, R.Y., (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), pp.181-190.

Hardiarti, S., (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), pp.99-110.

Iraratu, M.K., Urath, S., Srue, O. and Nifanngelyau, J., (2021). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Desa Lorulun Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), pp.2119-2133.

Julian, Davison. (2014). Balinese Architecture. Tuttle Publishing.

Najib, D.A. and Elhefni, E., 2016. Pengaruh penerapan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) pada pembelajaran tematik IPS terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(1), pp.19-28.

Nuh, Z.M., Dardiri, D., (2017). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah 19, 220–238.

Nur, A.S., Sukestiyarno, Y.L. and Junaedi, I., (2019). Etnomatematika dalam perspektif problematika pembelajaran matematika: Tantangan pada siswa indigenous. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 90-96).

Prijotomo, Josef. (2017). Prijotomo Benahi Arsitektur Nusantara. Departemen Arsitektur ITS, Surabaya.

Puspitasari, R. and Putra, A., (2022). Systematic Literatur Riview: Eksplorasi Etnomatematika pda Bangunan Candi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), pp.13-18.

Rahmawati, Y. and Muchlian, M., (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang minangkabau Sumatera Barat.

Rosa, M., Orey, D.C., 2013. Ethnomodeling As A Research Theoretical Framework On Ethnomathematics And Mathematical Modeling. J. Urban Math. Educ. 6, 62–80.

Sopandi, Setiadi. (2013). Sejarah Arsitektur Sebuah Pengantar. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA. Bandung

Suryawan, I.P.P. and Juniantari, M., (2021, March). Undagi Bali Ethnomathematic Study and How to Acquire Its Knowledge. In First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020) (pp. 384-390). Atlantis Press.

Unodiaku, S.S., (2013). Effect Of Ethno-Mathematics Teaching Materials On Students’ Achievement In Mathematics In Enugu State. J. Educ. Pract. 4, 70–77.

Wahyuni, W., (2016). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Pesisir Selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember, 2nd Ed. Ftik Tadris Matematika Iain Jember, Jember.

Wijaya, H., (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40.

Downloads

Published

2024-04-01