IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA RUMAH LIMAS SUMATERA SELATAN

Authors

  • Zalfa Putri Tama Wulanda Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ririn Widiyasari Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Rumah Limas, Etnomatematika, Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep geometri yang ada pada rumah limas yaitu rumah adat tradisional Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnomatematika. Pengumpulan data dengan studi dokumen dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri pada rumah limas, yaitu trapesium sama kaki, persegi panjang, limas segi empat dan tabung. Oleh karena itu, dengan pendekatan etnomatematika ini pada pembelajaran matematika dapat memberikan makna konseptual bagi pelajar serta menunjukkan bahwa matematika sangatlah erat dan mempunyai peran penting di dalam kehidupan sehari-hari. Matematika bukanlah sesuatu yang menyulitkan serta tidak ada kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian etnomatematis dari perspektif matematika mengukur panjang, geometri, dan sudut di rumah limas. Kejadian lain dengan aspek kesejarahan merupakan nilai kesejarahan Rumah Limas yang telah berdiri selama berabad-abad. Sisi filosofis tetap tersembunyi ukiran pakis, teratai dan melati di Rumah Limas. Diharapkan dengan kegiatan pembelajaran matematika berbasis budaya ini memberikan pemahaman mengenai konsep matematika secara mendalam serta kegunaan dalam kegiatan sehari-hari bagi para siswa.

References

Anggraeni, D. W. (2018). Bentukan Massa dan Arsitektur Pada Rumah Limas Palembang Hasyim Ning Dengan Pendekatan Akulturas. Jurnal Arsitektur KOMPOSISI,, 1-14.

Dina, R. R. (2017). Makna dan Nilai Filosofis Masyarakat Palembang yang Terkandung dalam Bentuk dan Arsitektur Rumah Limas. Ekspresi Seni. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni,, 275-282.

Lisnani, L. P. (2022). Studi Etnomatematika: Rumah Limas di Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa . Teorema: Teori dan Riset Matematika, 351-364.

Lisnani, L. Z. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum

Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 359-370.

Luciani, R. &. (2020). Analisis nilai-nilai kearifan lokal Rumah Limas di Sumatera Selata. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1-9.

Lussetyowati, T. &. (2020). Analisis Pengayaan Ruang, sebagai Integritas Performa Tampilan Rumah Limas Palembang. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 9-14.

Nindiati, D. S. (2017). Nilai Budaya Rumah Limas Palembang Sebagai Sumber Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Nugroho, S. &. (2016). ). Identifikasi Motif Ukiran pada Arsitektur Rumah Limas Palembang. Koridor. Jurnal Arsitektur dan Perkotaan, 1-7.

Pratama, Y. (2019). Rumah Limas: Refleksi Sejarah Akulturasi Kebudayaan Masyarakat Sumatera Selatan. Jambura History and Culture Journal,, 29-40.

Rakhman, A. (2015). Makna Simbolis Ornamen Rumah Limas Palembang . Doctoral dissertation, INSTITUT SENI INDONESIA SURAKARTA.

Sari, E. F. (2018). Etnomatematika pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 137-144.

Tondi, M. L. (2018). Nilai dan Makna Kearifan Lokal Rumah Tradisional Limas Palembang Sebagai Kriteria Masyarakat Melayu. Langkau betang: jurnal arsitektur, 15-32.

Downloads

Published

2024-04-01