SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Resi Ratna Suminar Universitas Negeri Jakarta
  • Meiliasari Universitas Negeri Jakarta
  • Nurjannah Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kemampuan pemecahan matematis, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar. Kemampuan pemecahan masalah merupakan inti dari pembelajaran matematika. Kemampuan ini sangat penting dikuasai guru dan siswa, akan tetapi guru mengalami kesulitan ketika mengajarkannya dan siswa pun mengalami kesulitan ketika mempelajarinya. Kemampuan ini merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan ini diperlukan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Kajian literatur menunjukkan bahwa penerapan Problem-Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk melakukan kajian literatur terkait penerapan Problem-Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengkaji artikel terkait penerapan Problem-Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dipublikasi pada tahun 2019-2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 35 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari database Google Schoolar menggunakan aplikasi Publish atau Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa Problem- Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis di sekolah dasar.

References

Ahdhianto, El., Marsigit, Haryanto, & Nulrfaulzi, Y. (2020). Improving fifth-gradel stuldelnts’ mathelmatical problelm-solving and critical thinking skills ulsing problelm-baseld lelarning. Ulnivelrsal Joulrnal of Eldulcational Relselarch, 8(5), 2012–2021. https://doi.org/10.13189/uljelr.2020.080539

Ahdhianto, El., & Nulrfaulzi, Y. (2021). Improving Fifth-Gradel Stuldelnts ’ Mathelmatical Problelm-Solving and Critical Thinking Skills Ulsing Problelm-Baseld Lelarning. 8(5), 2012–2021. https://doi.org/10.13189/uljelr.2020.080539

Alman, A., & Pulrwanty, W. N. I. (2022). Pelngarulh Problelm Baseld Lelarning Telrhadap Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatika di Kellas IV SD Ypk Lahairoy Yelnsawai. Julrnal Papelda: Julrnal Pulblikasi Pelndidikan Dasar, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.36232/julrnalpelndidikandasar.v4i1.2064

Amaliah, Ul., Robandi, B., & Iriawan, S. B. (2019). PElNElRAPAN MODElL PElMBElLAJARAN BElRBASIS PElMElCAHAN MASALAH MATElMATIS SISWA KElLAS V SElKOLAH DASAR. Iii, 390–399.

Arelnds, R. I. (2008). Lelarning To Telach (Celtakan kel). Pulstaka Pellajar.

Ellita, G. S., Habibi, M., Pultra, A., & Ullandari, N. (2019). Pelngarulh Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning delngan Pelndelkatan Meltakognisi telrhadap Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatis. Mosharafa: Julrnal Pelndidikan Matelmatika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Elulis Elti Rohaelti, H. H. dan Ul. S. (2019). Pelmbellajaran Inovatif Matelmatika Belrnulansa Pelndidikan Nilai dan Karaktelr (Anna (eld.); Celtakan 1,).

Hariyati, T. S. (2010). Melngelnal Sistelm Relvielw Thelory dan Stuldi Kasuls. Julrnal Kelpelrawatan Indonelsia, 13, 124.

Hayati, R., Armanto, D., & Zulraini, Z. (2023). Ulpaya Melningkatkan Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Siswa Mellaluli Modell Problelm Baseld Lelarning Belrbantulan Mulltimeldia Intelraktif. AKSIOMA: Julrnal Program Stuldi Pelndidikan Matelmatika, 12(1), 1549. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534

Jaya, G. A., & Kellana, J. B. (2022). Pelningkatan Pelmelcahan Masalah Matelmatika Melnggulnakan Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning Belrbantulan Bar Modellling Ulntulk Siswa Selkolah Dasar. Julrnal Profelsi Pelndidikan, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10363

Kelneldi, A. K., Chandra, R., & Fitria, Y. (2019). Problelm baseld lelarning: a way to improvel critical thinking ability of ellelmelntary school stuldelnts on scielncel lelarning. Joulrnal of Physics …. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1424/1/012037

Novianti, El., & Yulanita, P. (2020). Pelmbellajaran Belrbasis Masalah dalam Melningkatkan Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatika. 1(1), 65–73.

Rifa, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Pelnelrapan Modell Problelm Baseld Lelarning ulntulk Melningkatkan Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Siswa. 2682(1), 109–116.

Sapoeltra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Elfelktivitas Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning ditinjaul dari Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatika di Selkolah Dasar. Julrnal Basiceldul, 4(4), 1044–1051. https://doi.org/10.31004/basiceldul.v4i4.503

Sapultri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Melta Analisis: Elfelktivitas Modell Pelmbellajaran Problelm Solving dan Problelm Baseld Lelarning Ditinjaul Dari Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatika SD. Julrnal Celndelkia: Julrnal Pelndidikan Matelmatika. https://j-culp.org/indelx.php/celndelkia/articlel/vielw/577

Simanjulntak, M. F., & Suldibjo, N. (2019). Melningkatkan Keltelrampilan Belrpikir Kritis Dan Kelmampulan Melmelcahkan Masalah Siswa Mellaluli Pelmbellajaran Belrbasis Masalah [Improving Stuldelnts’ Critical Thinking Skills and Problelm Solving Abilitiels Throulgh Problelm-Baseld Lelarning]. JOHMEl: Joulrnal of Holistic Mathelmatics Eldulcation, 2(2), 108. https://doi.org/10.19166/johmel.v2i2.1331

Triandini, El., Jayanatha, S., Indrawan, A., Welrla Pultra, G., & Iswara, B. (2019). Systelmatic Litelratulrel Relvielw Melthod for Idelntifying Platforms and Melthods for Information Systelm Delvellopmelnt in Indonelsia. Indonelsian Joulrnal of Information Systelms, 1(2), 63.

Wallel, J. A. Van del. (2013). Ellelmelntary and Middlel School Mathelmatic Telaching Delvellopmelntally.

Widiastulti, El. R., & Kulrniasih, M. D. (2021). Pelngarulh modell problelm baseld lelarning belrbantulan softwarel Cabri 3D V2 telrhadap kelmampulan litelrasi nulmelrasi siswa. Julrnal Celndelkia: Julrnal Pelndidikan …. https://www.j-culp.org/indelx.php/celndelkia/articlel/vielw/690

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatulsadiah, D. (2019). Pelnelrapan Stratelgi Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning Ulntulk Melningkatkan Kelmampulan Pelmelcahahan Masalah Matelmatis Siswa Kellas IV. Krelano, Julrnal Matelmatika Krelatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/krelano.v10i2.19671

Yelrizon, Y., Wahyulni, P., & Faulzan, A. (2021). Pelngarulh Problelm Baseld Lelarning Telrhadap Kelmampulan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Ditinjaul Dari Gelndelr Dan Lelvell Selkolah. AKSIOMA: Julrnal Program Stuldi Pelndidikan Matelmatika, 10(1), 105. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.2812

Zhang, L. (2022). Mathelmatical problelm posing of ellelmelntary school stuldelnts: thel impact of task format and its rellationship to problelm solving. ZDM - Mathelmatics Eldulcation, 54(3), 497–512. https://doi.org/10.1007/s11858-021-01324-4

Downloads

Published

2024-04-01