E-MODUL STATISTIKA BERBASIS APLIKASI FLIP PDF UNTUK MEMPEROLEH KETUNTASAN BELAJAR KLASIKAL SISWA KELAS XII

Authors

  • Nyoman Redy Kusuma Arta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

E-modul, Flip PDF, Statistika, Model 4D

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis aplikasi Flip PDF yang valid, efektif, dan berguna untuk guru maupun siswa pada materi statistika kelas XII. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). E-modul terdiri dari beberapa komponen yakni halaman sampul depan, kompetensi dasar (KD) dan tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, materi pembelajaran (yang di dalamnya berisi video pembelajaran, materi, rangkuman, latihan soal, dan umpan balik), uji kompetensi, serta daftar pustaka. Berdasarkan hasil penilaian ahli, e-modul memperoleh skor kevalidan materi sebesar 2,85 dalam kategori valid. Selanjutnya, e-modul memperoleh skor kevalidan media sebesar 3 dalam kategori valid. Kemudian dilaksanakan uji coba terbatas kepada 29 siswa kelas XII SMAS Lab Undiksha Singaraja untuk mengetahui tingkat keefektifan dan kegunaan e-modul yang dikembangkan. Rata-rata uji coba keefektifan dan kegunaan e-modul secara berturut-turut yaitu 82,76% dalam kategori sangat baik dan 83,10 dalam kategori diterima. Dari hasil tersebut dapat simpulkan bahwa e-modul berbasis aplikasi Flip PDF valid, efektif, dan berguna sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

References

Candiasa, I Made. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital, Singaraja: Undiksha Press.

Fuziah. S. (2015). “Menggunakan Teknologi untuk Pendidikan Berkualitas”. Dari kompasiana: Diakses tanggal 15 Januari 2021 (https://www.kompasiana.com/syifafauz00/55547f2b7397733a1490556f/menggunakan-teknologi-untuk-pendidikan-berkualitas).

Garjita, D. A. A. S., dkk. (2017). “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus: Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja)” KARMAPATI, 6 (1).

Haryanti, F. dan Saputro, B. A. (2016). “PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SEGITIGA”. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2).

Kharisma, J.Y. dan Asman, A. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika”. Indonesian Journal of Mathematics Education 1, no. 1.

Mulyasa. (2017). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Muna, Hidayatul, dkk. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Semarang: Aksioma, 6 (2).

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Paramana Publishing.

Royani, A. (2017). “Penerapan Teknik Pembelajaran Kooperatif NHT dalam Meningkatkan Pemahaman tentang Bumi Bagian dari Alam Semesta”. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2 (3).

Santoso, Joko. (2018). “Usability User Interface dan User Experience Media Pembelajaran Kamus Kolok Bengkala Berbasis Android”. Jurnal Sistem dan Informatika, 12 (2).

Sudarsana, I. K. (2016). “Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia”. Jurnal Penjaminan Mutu, 1 (3).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan, R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2020). “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flipbook Maker pada Matakuliah Sistem Multimedia”. Journal komunikasi 11, no. 2.

Tania, L., Susilowibowo, J., (2017). “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5 (2) 2337-6457.

Wibowo, E. (2018). “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER”. Tesis. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Wibowo, E. dan Pratiwi, D. D. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan”. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 148-155.

Wijayanto. (2014). “Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker dengan model project Based learning untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika”. Jurnal Pembelajaran Matematika. ISBN 978-602-0960-00-5.

Downloads

Published

2024-04-01