PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA KARO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Authors

  • Nuraini Sri Bina Universitas Negeri Medan
  • Dian Armanto Universitas Negeri Medan
  • Waminton Rajagukguk Universitas Negeri Medan
  • Rahmi Ramadhani Universitas Potensi Utama Medan

Keywords:

Budaya Karo, Kemampuan Komunikasi Matematis, LKPD

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada matapelajaran Matematika dengan materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) yang berbasis Budaya Karo. Pengembangan produk ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang produk LKPD Matematika yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan Budaya Karo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain penelitian model 4-D. Produk ini sudah diujicobakan kepada siswa/i kelas X di SMA N 1 Kabanjahe dan SMA N 1 Berastagi. Produk ini sudah divalidasi oleh 5 orang ahli. Instrument yang digunakan untuk pengembangkan produk ini adalah lembar validasi LKPD berbasis Budaya Karo terintegrasi Model PAKIM. Berdasarkan ujicoba diperoleh hasil analisis kevalidan dengan kriteria “valid”.

References

Barwell, R., Boylan, M., & Coles, A. (2022). Mathematics education and the living world: A dialogic response to a global crisis. The Journal of Mathematical Behavior, 68. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0732312322000815Barwell, R., Boylan, M., & Coles, A. (2022). Mathematics education and the living world: A dialogic response to a global crisis. The Journal of Mathematical Behavior, 68. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0732312322000815

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Binus. www.mitrawacanamedia.com

Cimen, O. A. (2014). Discussing Ethnomathematics: Is Mathematics Culturally Dependent? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 523–528. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.215

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(February 1985), 44-48 (in 'Classics').

Favilli, F. (2004). ETHNOMATHEMATICS AND MATHEMATICS EDUCATION. Proceedings of the 10th International Congress of Mathematics Education Copenhagen.

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian.

Revita, R., Kurniati, A., & Andriani, L. (2018). Analisis Instrumen Tes Akhir Kemampuan Komunikasi Matematika Untuk Siswa SMP Pada Materi Fungsi Dan Relasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 8–19. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.44

Shalihah, N. M. (2021). Pengembangan Tes Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Development of Achievement Test in Civic Education Elementary School. 67–79.

Staddon, R. V. (2022). A supported flipped learning model for mathematics gives safety nets for online and blended learning. Computers and Education Open, 3, 100106. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100106

Thanheiser, E. (2023). What is the Mathematics in Mathematics Education? Journal of Mathematical Behavior, 70(January), 101033. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2023.101033

Thanheiser, E., & Melhuish, K. (2023). Teaching routines and student-centered mathematics instruction: The essential role of conferring to understand student thinking and reasoning. Journal of Mathematical Behavior, 70(January), 101032. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2023.101032

Wilson, J., & Hunt, J. H. (2022). Marginalized within the margins: Supporting mathematics meaning making among students with learning disabilities. Journal of Mathematical Behavior, 67(May), 100982. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.100982

Downloads

Published

2024-04-01