ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI KELAS X SMA PGRI 4 DENPASAR

Authors

  • Ni Made Rahayu Sri Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Analisis Kesalahan, Tahapan Polya, Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Abstract

Pelajaran Matematika jika dilihat secara umum merupakan mata pelajaran yang ada di setiap kedudukan sekolah. Namun masih banyak ditemukan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA PGRI 4 Denpasar dengan jumlah sebanyak 15 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan memahami masalah 8,77%, kesalahan membuat rencana 38,59%, kesalahan melaksanakan rencana 14,03%, dan kesalahan memeriksa kembali 38,59%. Penyebab kesalahan terjadi adalah (1) Siswa tidak memahami soal yang diberikan, (2) Siswa tidak menggunakan informasi dalam soal, (3) Siswa kurang teliti dalam menghitung, (4) Siswa tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya sebelum mengumpul, dan (5) Siswa kurang efisien dalam memanfaatkan waktu saat mengerjakan soal.

References

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Prosedur Polya. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 253-264.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Syahidiah, T., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1607-1618.

Zevira, M.N. 2020. Analisis Kesalahan Konsep Materi Perbandingan dan Skala Pada Siswa Kelas VII-D dan VII-E MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Skripsi: Universitas Lampung.

Zulfah, Z. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 1-9.

Downloads

Published

2024-04-01