PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI 3 IPA REGULAR SMA (SLUA) SARASWATI 1 DENPASAR TAHUN 2023/2024

Authors

  • Ni Made Dwina Meidayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Suwija Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

kecemasan matematika, kepercayaan diri, pemecahan masalah matematika

Abstract

Kecemasan matematika menyebabkan siswa menganggap pelajaran matematika sulit dan membosankan sehingga menghambat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematika juga perlu didukung dengan sikap percaya diri yang membantu siswa dalam menghadapi persoalan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode ex post facto. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah materi Trigonometri pada siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah materi Trigonometri pada siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara kecemasan matematika dan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah materi Trigonometri pada siswa. Populasi dan sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas XI 3 IPA Regular sejumlah 32 orang yang ditentukan berdasarkan teknik total sampling. Data mengenai kecemasan matematika dan kepercayaan diri dikumpulkan dengan angket dan data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan dengan tes uraian. Materi yang digunakan pada tes kemampuan pemecahan masalah matematika adalah materi aturan sinus dan kosinus. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini adalah Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan berganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika (math anxiety) terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif sebesar 85,9% serta model regresi , (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif sebesar 78,4% serta model regresi , (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika (math anxiety) dan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif  sebesar 81,6% serta model regresi . Dengan demikian ketiga hipotesis diatas diterima. Hal diatas menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh tingkat kecemasan matematika dan kepercayaan diri siswa.

References

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19-28.

Astiati, S. D. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ). 9(2), 1294–1302. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5070/http

Astuti, D. (2011). Anxiety : Apa Dan Bagaimana ? The Progresive and Fun Education Seminar, 495–499.

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202–211. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.34

Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2019). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2826

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Self-Confidance Peserta Didik Kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 212–223. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.33

Safitri, W. E., & Rosiyanti, H. (2018). Koin Ajaib sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 127–134.

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Zulpani, T. D., Ramadoni, & Zelitri, A. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri Siswa dengan Pemahaman Konsep Matematis pada Kelas XI. Theorema: The Journal Education of Mathematics, 4(1), 9–19.

Adelia, Windah Sari, dan Arum Handini Primandari. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII-A SMP N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square, (Online)

Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2019). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2826

Downloads

Published

2024-04-01