EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Keywords:
Model Pembelajaran AIR, Masalah Matematika Realistik, Pemahaman KonsepAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) yang berorientasi masalah matematika realistik lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selemadeg dengan jumlah 184 orang. Teknik yang digunakan untuk pemilihan sampel yaitu cluster random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas, di mana kelas VIII B yang berjumlah 32 orang siswa terpilih sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran AIR yang berorientasi masalah matematika realistik. Sedangkan kelas VIII C yang berjumlah 32 orang siswa terpilih sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dengan jenis soal uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent samples t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji t-test didapatkan didapatkan = 8,516 > = 1,670 serta perolehan rerata skor post test pada kelas eksperimen ialah 76,17 dan rerata skor post test pada kelas kontrol yaitu 51,66. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran AIR berorientasi masalah matematika realistik lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.
Agustina, N. L. I. T., Fahinu, & Bey, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2), 1–10.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65.
Lestariani, D. S., Supriadi, N., & Putra, R. W. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 26–33.
Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134–144.
Miftahussaadah, & Subiyantoro. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 97–107.
Mujahida. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered Dan Learner Centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331.
Mustamin, H., & Kusumayanti, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(2), 90–97.
Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 5–24.
Octavia. Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Rahayu, R., Rosita, R., Sri Rahayuningsih, Y., Herry Hernawan, A., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Ramadhan, M. R., Aziz, T. A., & Hakim, L. El. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Muhammadiyah 50 Jakarta. JPRM: Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 72–82.
Rasul, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectual And Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Al-Falah HMM Timika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 94–107.
Rupiassa, S. N., Palinussa, A. L., & Tamalene, H. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Perbandingan Trigonometri Di Kelas X IIS SMA XAVERIUS Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1(1), 25–32.
Soim Daimah, U., & Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(2), 131–139.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati, D., Bahar, A., & Handayani, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy Dan Repetition (Air) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA 1 Sman 8 Kota Bengkulu. ALOTROP: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(2), 114–122.
Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2020). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177.