ANALISIS KECAKAPAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK FASE E SMK
Keywords:
Kecakapan Matematis, Kecakapan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Tiga VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kecakapan pemecahan masalah matematis peserta didik fase E SMK pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variavel (SPLTV). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian sebanyak 25 peserta didik jurusam Teknik Kendaraan Ringan SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis kecakapan pemecahan masalah yang terdiri dari dua soal uraian. Instrumen penelitian yang digunakan valid dan reliabel yang dianalisis menggunakan ANATES Ver 4.0.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan pemecahan masalah matematis peserta didik fase E SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru tergolong rendah dengan rata-rata 42,08.
References
Pemodelan Matematika dan Penyebabnya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 72–81. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.161
Fariha, & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Polya. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 43–59. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indeks
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227–236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192
Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Kecakapan Matematis Pada Materi Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 365–376. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.505
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Nugraha, A., & Sylviana Zanthy, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal On Education, 01(02), 179–187.
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Soemarno, U., & Hendriana, H. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Reflika Aditama.
Suherlan, M. Z. F., Bernard, M., & Zanthy, L. S. (2023). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI MATRIKS. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 6(2), 505–514. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.11206
Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 1–7.
Syaifar, M. H., Heleni, S., & Murni, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII.7 SMP Negeri 5 Pekanbaru. JOM FKIP, 7, 1–11.
Usman, P. M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664–674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990
Waskitoningtyas, R. S. (2015). Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontekstual mahasiswa pendidikan matematika Universitas Balikpapan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 211–219. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.21
Wijaya, T. T., Hidayat, W., Hermita, N., Alim, J. A., & Talib, C. A. (2024). Exploring contributing factors to PISA 2022 mathematics achievement: Insights from Indonesian teachers. Infinity Journal, 13(1), 139–156. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p139-156
Wulandari, S. (2023). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 48–59. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.2020
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023