ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA PINTU KANTOR KONENG KERATON SUMENEP

Authors

  • Muhammad Zia Alghar Universitas Negeri Malang
  • Ihwan Zulkarnain Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Keywords:

Etnomatematika, Kantor Koneng, Keraton Sumenep, konsep matematika

Abstract

Salah satu tujuan Pendidikan Nasional adalah menciptakan manusia yang berbudaya dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa. Etnomatematika merupakan pendekatan yang menjembatani antara matematika dengan aspek-aspek budaya. Tujuan dari penelitian etnomatematika adalah untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika dan nilai budaya yang terdapat pada pintu Kantor Koneng Keraton Sumenep yang terletak di Pulau Madura, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis pendekatan etnografi. Pendekatan etnografi dilakukan dengan mencari informasi secara langsung dalam suatu kelompok budaya. Informasi tersebut digali peneliti dengan mengunjungi, mengamati, mengukur, dan mewawancarai sejumlah ahli serta informan yang telah lama berkecimpung terkait budaya yang berada di Madura. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi literatur, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai konsep matematika dan nilai budaya yang terkandung pada pintu Kantor Koneng Keraton Sumenep. Konsep-konsep matematis yang ditemukan yaitu geometri fraktal, transformasi geometri, bangun datar, dan sudut. Sedangkan nilai-nilai budaya yang ditemukan yaitu simbol swastika, motif kunci T, dan nilai akulturasi budaya Tiongkok, Madura, dan Belanda. Kontribusi dari penelitian ini dapat digunakan oleh pendidik dan praktisi untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika serta sebagai referensi bagi peneliti lain dalam mengkaji ornamen-ornamen berbudaya di kawasan Keraton Sumenep.

References

Abdullah, M. G., & Liana, C. (2018). Perkembangan Museum Keraton Sumenep Sebagai Objek Pariwisata Tahun 1994-2014. Journal Avatara, 7(1), 1–9.

Akbar, L. A., Alghar, M. Z., Marhayati, & Susanti, E. (2023). The Arithmetic Sequences in Making Traditional Cast Nets in Lombok. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 13–29. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v6i1.2541

Al-Humaidy, M. A., Ishomudin, M. S., & Nurjaman, A. (2020). Etnis Tionghoa di Madura (Interaksi Sosial Etnis Tionghoa dengan Etnis Madura di Sumenep Madura). Jakad Media Publishing.

Alghar, M. Z., & Jamaluddin. (2024). Ethnomodelling: Fractal Geometry On The Door Ornament Of The Sumenep Palace Using The Lindenmayer System. Euclid, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.33603/x5gk7n46

Alghar, M. Z., & Marhayati. (2023). Ethnomathematics: Exploration of Fractal Geometry in Gate Ornaments of The Sumenep Jamik Mosque Using The Lindenmayer System. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 6(3), 311–329. https://doi.org/10.24042/ijsme.v6i3.18219

Alghar, M. Z., & Radjak, D. S. (2024). Systematic Literature Review: Implementation of Ethnomodelling in Mathematics Learning. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1), 67–81. https://doi.org/10.30738/union.v12i1.17004

Alghar, M. Z., Walidah, N. Z., & Marhayati. (2023). Ethnomathematics: The exploration of fractal geometry in Tian Ti Pagoda using the Lindenmayer system. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 57–69. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2023.v5i1.57-69

Ari, A. A. (2022). Türk Kültüründen Etnomodelleme Yansımaları. Kesit Akademi, 8(33), 200–223. https://doi.org/10.29228/kesit.66661

Atthalibi, F. A., Amiuza, C. B., & Ridjal, A. M. (2016). Semiotika Arsitektur Masjid Jamik Sumenep-Madura. Jurnal Mahasiswa Departemen Arsitektur, 4(2), 1–8.

Barnsley, M. F. (2014). Fractals everywhere. Academic press.

Beer, R. (2004). The encyclopedia of Tibetan symbols and motifs. Serindia Publications.

Cortes, D. P. de O., Orey, D. C., & Rosa, M. (2023). Aspectos teóricos, empíricos e metodológicos de pesquisas em etnomodelagem: contribuições dos investigadores do GPEUfop. Journal of Mathematics and Culture, 17(1), 1–24.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

D’Ambrosio, U. (2015). Mathematical modelling as a strategy for building-up systems of knowledge in different cultural environments. In G. A. Stillma, W. Blum, & M. S. Biembengut (Eds.), Mathematical modelling in education research and practice: cultural, social and cognitive influences (pp. 35–44). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-18272-8_2

Dutra, É. D. R., Orey, D. C., & Rosa, M. (2023). Utilizando os jargões da cultura cafeeira como uma ação pedagógica para a etnomodelagem. Journal of Mathematics and Culture, 17(2), 62–80.

Dye, D. S. (2012). Chinese lattice designs. Courier Corporation.

Herawati, I. (2014). Keraton Sumenep Madura. Direktorat Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi.

Indraprasti, A., & Santosa, I. (2020). The Aesthetics of Pendopo of the Sumenep Palace in Response to Today’s Pressure of Globalization. 3rd International Conference on Arts and Arts Education (ICAAE 2019), 292–297.

Juhari, & Alghar, M. Z. (2021). Modeling Plant Stems Using the Deterministic Lindenmayer System. Journal Cauchy, 6(4), 286–295. https://doi.org/10.18860/ca.v6i4.11591

Lee, S. Y., & Tiong, K. M. (2013). Algorithmic generation of Chinese lattice designs. International Journal of Computer and Communication Engineering, 2(6), 706–710. https://doi.org/10.7763/IJCCE.2013.V2.279

Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. muhamad, & Turmudi, T. (2023). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017 – 2022). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 267–279. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14085

Mulyati, S. (2000). Geometri euclid. Malang: JICA.

Munandar, A. A. (2015). Artefak di Ruang Geografi: Kajian Artefak dalam Geografi Sejarah. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(2), 8–15. https://doi.org/10.17977/sb.v7i2.4742

Murwandani, N. G. (2007). Arsitektur-Interior Keraton Sumenep Sebagai Wujud Komunikasi Dan Akulturasi Budaya Madura, Cina Dan Belanda. Dimensi Interior, 5(2), 71–79.

Nailufar, M. I., Faqih, M., & Rachmawati, M. (2015). Akulturasi Ruang pada Rumah Tinggal si Permukiman Sekitar Keraton Sumenep, Madura. Tesa Arsitektur, 13(1), 28–42.

Orey, D. C. (2017). The critical-reflective dimension of ethnomodelling. In M. Rosa, L. Shirley, M. E. Gavarrete, & W. V. Alangui (Eds.), Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education (pp. 329–354). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6_14

Orey, D. C., & Rosa, M. (2021). Applying Ethnomodelling to Explore Glocal Mathematical Knowledge Systems. Acta Scientiae, 23(1), 199–232. https://doi.org/https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.6241

Prahmana, R. C. I. (2022). Ethno-realistic mathematics education: The promising learning approach in the city of culture. SN Social Sciences. https://doi.org/10.1007/s43545-022-00571-w

Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V, Palhares, P., Gavarrete, M. E., Rosa, M., & Orey, D. C. (2016). State of the art in Ethnomathematics. In G. Kaiser (Ed.), Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program (pp. 11–37). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_3

Shomakhmadov, S. H. (2012). The Features of the Interpretation of Mañgala-Symbols in Buddhist Sanskrit Manuscripts from Central Asia. Manuscripta Orientalia. International Journal for Oriental Manuscript Research, 18(2), 9–23.

Siddiq, A., & Billa, M. (2023). Tionghoa Muslim di Madura: Asimilasi Budaya dan Interaksi Sosial. Jurnal Sosiologi Agama, 17(1), 87–102. https://doi.org/10.14421/jsa.2023.171.06

Soebari. (1995). Geometri Analit. IKIP Malang.

Spradley, J. P. (1997). Metode etnografi.

Tamur, M., Wijaya, T. T., Nurjaman, A., Siagian, M. D., & Perbowo, K. S. (2023). Ethnomathematical Studies in the Scopus Database Between 2010-2022: A Bibliometric Review. In S. Menggo, M. Tamur, & H. Midun (Eds.), Proceedings of the 2nd International Conference on Education, Humanities, Health and Agriculture (pp. 199–204). https://doi.org/10.4108/eai.21-10-2022.2329666

Taufan, A. N. (2017). Nilai estetik ragam hias naga di Keraton Sumenep. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 05(02), 166–177.

Widodo. (2021). Geometri fraktal. Gadjah Mada University Press.

Yao, H. Q., & Peng, Z. G. (2020). Feature Extraction and Redesign of Bronze Geometry Patterns in Shang and Zhou Dynasties of China. International Journal of Engineering Research Technology, 9(2), 267–271. https://doi.org/10.17577/IJERTV9IS020117

Zidan, B. (2020). The Concept and Utilization of Swastika ‘Hooked Cross’ on Islamic Artefacts. Journal of the General Union of Arab Archaeologists, 5(1), 29–51. https://doi.org/10.21608/JGUAA2.2020.18018.1024

Downloads

Published

2024-04-01