PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs INSAN CENDEKIA SANGATTA

Authors

  • Azainil Universitas Mulawarman
  • Achmad Muhtadin Universitas Mulawarman
  • Muflihah Utami Tahir Universitas Mulawarman

Keywords:

Kecemasan Matematis, Hasil Belajar Matematika, Aritmetika Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu kecemasan matematis serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 28 siswa (satu kelas). Instrumen penelitian ini berupa angket kecemasan matematis dan tes hasil belajar matematika. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kecemasan matematis, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data mengenai tes hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kecemasan matematis siswa termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah. Hasil analisis inferensial, kecemasan matematis nilai siginifikansi yaitu 0,045  < α = 5% maka  ditolak, berarti terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh  kecemasan matematis terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta.

References

Aunurrofiq &, & Junaedi. (2017). Kecemasan Matematik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah. UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 157–166. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer%0AKecemasan

Aminah, E. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16

Nanda, E. V., & Amin, S. M. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Nucleus, 3(2), 155–161. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591

Kodirun, Masi, L., & Aprilia. (2019). Pengaruh Kecemasan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gu. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–36. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5928

Kristanti, F., Dewi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Tingkat Kecemasan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Studi Kasus pada Siswa SMPN 2 Balaraja. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 145–152. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9440

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Hastuti, W. H,. & Yoenanto, N. H. (2018). Pengaruh Self-Regulated Learning, Kecemasan Matematika, Dukungan Sosial Guru Matematika, dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri “X” Surabaya. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 116. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1524

Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1490–1495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812

Sagita, N., & Warmi, A. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMKN 1 Rengasdengklok. Journal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 14–21. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.

Wulandari, N. N. A., Candiasa, I. M., & Sugiarta, I. M. (2023). Model Struktural Konsep Diri , Kecemasan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 1–16.

Downloads

Published

2024-04-01