DESAIN AKTIVITAS PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMPUTASIONAL MAHASISWA

Authors

  • Mariani Dian Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Keywords:

Berpikir komputasional, desain, pembelajaran matematika

Abstract

Berpikir komputasional merupakan  kemampuan pemecahan masalah yang sangat dibutuhkan pada abad ini. Dalam kerangka berpikir komputasional, individu diajak untuk menyelesaikan permasalahan yang terlihat rumut dengan langkah-langkah yang sistematis, dengan menguraikan masalah tersebut menjadi bagian-bagian kecil yang dapat diselesaikan dengan solusi sederhana. Pada kegiatan pendidikan matematika terdapat pula nilai-nilai maupun praktik-praktik yang selaras dengan pengembangan kemampuan berpikir komputasional. Seorang pendidik dapat melihat apakah peserta didik dalam kegiatan pembelajaran matematika sudah mampu menerapkan kemampuan berpikir komputasional dengan baik atau belum. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu local instructional theory (LIT) sebagai pedoman penyusunan rancangan kegiatan pembelajan yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan komputasional mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian desain,. Tahap-tahap penelitiannya menggunakan model dari Gravemeijer dan Cobb (2006), meliputi Persiapan dan tahap perancangan desain, penerapan desain dan analisis retrospektif. Dari penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu rekonstruksi LIT dengan mempertimbangkan hal-hal berikut: 1) Setelah memberikan arahan umum terkait materi, mahasiswa tetap perlu dibagi menjadi kelompok-kelompok diskusi. 2) Perlu adanya pembiasaan bagi mahasiswa untuk melakukan praktik pengembangan kemampuan berpikir komputasional, karena setelah kegiatan pembelajaran cukup terlihat bahwa mahasiswa kurang terbiasa memecahkan masalah yang melibatkan proses berpikir komputasional. 3) Perlu ada variasi soal, supaya proses berpikir komputasional mahasiswa dapat berkembang dengan optimal.

References

Barcelos, T. S., & Silveria, I. F. (2013). Computational Thinking and Mathematics: Possible Relationship Revealed by Analysis of National Curicullum Guidelines. Encyclopedia of Educational and Technology in A Changing Society.

Barcelos, T.S., & dkk. (2018). Mathematics Learning Through Computational Thinking Activities : A Systematic Literature Review. Journal of Universal Computer Science, 24(7), 815-845.

Carcamo, A., Fuentealba, C., & Garzon, D. (2019). Local Instruction Theories at The University Level: An Example in A Linear Algebra Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(12), 1-16.

Dian, M. (2020). Aspek-Aspek Kemampuan Berpikir Komputasional dalam Penyelesaian Masalah Matematika. Widya Warta(2), 147-153.

Ernest, P., & dkk. (2022). The Philosophy of Mathematics Education. German: Springer Open.

Hausberger, T. (2020). On the networking of Husserlian phenomenology and didactics of. MATHEMATICS TEACHING RESEARCH JOURNAL, Special Issue on Philosophy of Mathematics Education, 12(2).

Karsenty, R. (2020). Mathematical Ability. In S. Lerman, Encyclopedia of Mathematics Education (Second Edition) (pp. 494-497). London: Springer Reference.

Lee, I. (2016). Reclaiming The Roots of CT. CSTA Voice-Special Issue on Computational Thinking, 12(1), 3-5.

Lee, I. d. (2019). Computational Thinking from a Disciplinary Perspective: Integrating Computational Thinking in K-12 Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education. Journal of Science Education and Technology, 29, 1-8.

Lee, I., & dkk. (2019). Computational Thinking from a Disciplinary Perspective: Integrating Computational Thinking in K-12 Science, Technology, Engineering, and Mathematics Education. Journal of Science Education and Technology, 29, 1-8.

Palt, T., & Pedaste, M. (2020). A Model for Developing Computational Thinking Skills. Informatic in Education, 19(1), 113-128.

Rich, K. M., Yadav, A., & Larimore, R. A. (2020). Teacher Implementation Profiles for Integrating Computational Thinking into Elementary Mathematics and Science Instruction. Education and Information Technologies, 29, 3161-3188.

Rudhito, M. A. (2019). Dasar-Dasar Penelitian Desain untuk Pendidikan . Yogyakarta: Deepublish.

Selby, C. C., & Wollard, J. (2013). Computational Thinking: The Developing Definition. Conference: Special Interest Group on Computer Science Education (SIGCSE) 2014.

Downloads

Published

2024-04-01