ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Authors

  • Mar Atuz Zakiyah Universitas Riau
  • Maimunah Universitas Riau
  • Elfis Suanto Universitas Riau

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Relasi dan Fungsi

Abstract

Komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting dalam matematika. Faktanya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek kelas IX-2 SMP Negeri 1 Perhentian Raja. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil analisis pada tiap indikator menunjukkan bahwa (1) menyelesaikan masalah matematika menggunakan gambar diperoleh persentase sebesar 59 % termasuk pada kategori sedang (2) menyelesaikan masalah matematika menggunakan bahasa, simbol, atau model matematika diperoleh persentase sebesar  27 % termasuk pada kategori rendah (3) menyatakan masalah matematika menggunakan bahasa sendiri diperoleh persentase sebesar 14 % termasuk  pada kategori rendah. Secara keseluruhan rata-rata persentase adalah sebesar 33 ,33% sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong rendah.

References

Adelia, M., Noerruddin, A., & Kholidah, N. R. J. (2023). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari perbedaan gender kelas VIII SMPN 2 Parengan Kabupaten Tuban. JURNAL EDUMATIC, 4(2), 54-69.

Asoraya, M. S., & Martila Ruli, R. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(2), 89–96.

Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Developing a Problem-Based Learning Instructional Kit Oriented to Junior High School of Mathematical Communication Skills. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32–42.

Hibatulloh, N., & Sofyan, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Konvensional. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 169-178.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu, 7(1), 9–17.

Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.

Khairunisa, R. W., & Basuki, B. (2021). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan CIRC. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 113–124.

Kusumaningrum, R. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Karanglewas. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Purwokerto.

Permendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang tujuan pembelajaran matematika untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ramadhan, I., & Minarti, E. D. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran, 2(2), 151–161.

Sriwahyuni, T., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23.

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 415-462.

Ulymaz, B. A. A., Baidowi, B., Kurniawan, E., & Sripatmi, S. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2597-2607.

Wahid, L. A., & Marlina, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 138–147.

Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, I. S. (2019). Analisis Kemampuan pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia, 3(1), 209–219.

Downloads

Published

2024-04-01