KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Kartikasari Universitas Negeri Jakarta
  • Yurniwati Universitas Negeri Jakarta
  • Karsih Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Berpikir Kreatif, Project Based Learning

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik di Sekolah Dasar untuk menghadapi tantangan Abad ke-21. Tetapi kenyataannya kemampuan berpikir kreatif peserta didik di Sekolah Dasar pada pembelajaran matematika masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran cenderung berpusat kepada guru dan kurangnya pemberian latihan soal non rutin yang menuntut peserta didik untuk berpikir kreatif. Salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik Sekolah Dasar pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data tinjauan pustaka dengan cara menelaah, menggali dari artikel, sumber data dan informasi lain yang dianggap relevan dengan penelitian. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka yang telah dikaji peneliti, ditemukan bahwa model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik Sekolah Dasar pada pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan PjBL mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga peserta didik diberikan kesempatan yang luas untuk memunculkan ide-ide kreatif dalam penyelesaian masalah.

References

Aminullah. (2017). 12.KAJIAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif”. Aula Handayani IKIP Mataram.

Ananiadou, K., Claro, M., & Magdalean Claro, oecdorg. (2009). 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries DIRECTORATE FOR EDUCATION 21ST CENTURY SKILLS AND COMPETENCES FOR NEW MILLENNIUM LEARNERS IN OECD COUNTRIES EDU Working paper no. 41. https://doi.org/10.1787/218525261154

Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020). KAJIAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM DENGAN MODEL PJBL DALAM MENGASAH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(2), 217. https://doi.org/10.31604/eksakta.v5i2.217-225

Aulia, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.338

BSNP. (2010). ParadigmaPendidikan Nasional Abad XXI.

Cahyanti Rukamana, D., Risqi Maharani, H., Ubaidah, N., Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Islam Sultan Agung, U., & Author, C. (2020). Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 4 Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 28 Oktober 2020 Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Model Pembelajaran PJBL Dengan Pendekatan STEM.

Creswell, W. J. (2015). Educational Research “Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research". Pearson.

Cuma, I. F. (2013). Project-Based Learning in Teaching with the DAF Montessori Method (Vol. 70). Social and Behavioral Sciences.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Efstratia, D. (2014). Experiential Education Through Project Based Learning (Vol. 152). Procedia Social and Behavioral sciences,.

Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231–248. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.549

Genc, M. (2015). The project-based learning approach in environmental education. International Research in Geographical and Environmental Education, 24(2), 105–117. https://doi.org/10.1080/10382046.2014.993169

Hendriana, H., & Fadhilah, F. M. (2019). THE STUDENTS’ MATHEMATICAL CREATIVE THINKING ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL THROUGH PROBLEM-SOLVING APPROACH. Infinity Journal, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i1.p11-20

Hermita, N., Ramadhani, E., & Fakhrudin, A. (2023). Education and Learning Journal EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN 137 PALEMBANG. In | ANTHOR: Education and Learning Journal (Vol. 2).

Hilmi, Y., & Usdiyana, D. (2020). An analysis of tenth grade students’ mathematical creative thinking ability in vector. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032036

Lidia Susanti, S. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.

Mariyaningsih, N. , & H. M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. Grup CV Kekata.

Muhamad, N., & Agustina, L. (n.d.). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. www.journal.uniga.ac.id

Mukhadis, A. (n.d.). SOSOK MANUSIA INDONESIA UNGGUL DAN BERKARAKTER DALAM BIDANG TEKNOLOGI SEBAGAI TUNTUTAN HIDUP DI ERA GLOBALISASI.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Nahdiah, A., & Handayani, S. L. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Google Meet terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2377–2383. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1228

Nugroho, A. A., Nizaruddin, N., Dwijayanti, I., & Tristianti, A. (2020). Exploring students’ creative thinking in the use of representations in solving mathematical problems based on cognitive style. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(2), 202–217. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i2.9983

Ode, W., Arisanti, L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD MELALUI PROJECT BASED LEARNING oleh. In Januari (Vol. 8, Issue 1).

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. (2016).

Putu Manik Sugiari Saraswati, G. N. S. A. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat TinggiDalam Menyelesaikan Soal HOTSMata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2).

Richard J. Shavelson, dan L. T. (2002). Scientific Research in Education,. National Academy Press.

Safitri, R. A., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1

Salomo Leuwol, F., Wahyudin, M., Tanod Mamusung, R., & Mardikawati, B. (2023). Improving Students’ Creative Thinking Ability Through Independent Learning and Intellectual Intelligence. In Edumaspul-Journal of Education (Vol. 7, Issue 2).

Saputra, I. G. N. H., Joyoatmojo, S., & Harini, H. (2018). The implementation of project-based learning model and audio media Visual can increase students’ activities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 166. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.224

Saregar, A., Cahyanti, U. N., Misbah, Susilowati, N. E., Anugrah, A., & Muhammad, N. (2021). Core learning model: Its effectiveness towards students’ creative thinking. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 35–41. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20813

Sari, E. D. P., Trisnawati, R. K., Agustina, M. F., Adiarti, D., & Noorashid, N. (2023). Assessment of Students’ Creative Thinking Skill on the Implementation of Project-Based Learning. International Journal of Language Education, 7(3), 414–428. https://doi.org/10.26858/ijole.v7i3.38462

Shalihah, N. H., Dafik, & Prastiti, T. D. (2020). The analysis of the application of learning materials based on project-based learning to improve the elementary school students’ creative thinking skills in solving contextual division problems. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012044

Subelli.Rizal. (2020). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA.

Susilowaty, N. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. 6, 41–50. https://doi.org/10.35974/jpd.v6i2.3139

Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan hasil belajar pemecahan masalah matematika melalui model problem based learning berbasis karakter. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 272–280.

Taufek, M. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Riset Ilmiah (Vol. 2, Issue 2).

Taylor, D. dan M. P. (2010). “The Literature Review: A Few Tips onConducting It.” University Toronto Writing Center.

Widarti, H. R., Yamtinah, S., Mawardi, Rokhim, D. A., Syafruddin, A. B., & Firdaus, Z. Z. S. (2023). Using Instagram as Rate of Reaction Learning Media Based on PjBL to Increase Students’ Motivation and Creative Thinking Ability. International Journal of Information and Education Technology, 13(10), 1520–1525. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.10.1957

Wiryanto. (2020). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2).

Yamin, Y., Permanasari, A., Redjeki, S., & Sopandi, W. (2020). Implementing project-based learning to enhance creative thinking skills on water pollution topic. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 225–232. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.12202

Yuli Eko Siswono, T. (2014). PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN (SANGUINIS, KOLERIS, MELANKOLIS, DAN PHLEGMATIS) Camelina Fitria. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (Vol. 3).

Downloads

Published

2024-04-01