PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU

Authors

  • Joni Sadarlah Halawa SMA Sint Carolus Bengkulu

Keywords:

Problem-Based Learning, trigonometri

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku masih sangat rendah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa/i kelas X D SMA Sint Carolus Bengkulu tahun 2023/2024 yang berjumlah 25 Orang. Model pembelajaran yang diterapkan adalah Problem-Based Learning (PBL). Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, aksi, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 87,57% dengan rata-rata nilai kelas adalah 72,96 dan ketuntasan klasikal 56%. Pada siklus II aktivitas siswa mencapai 94,86% dengan rata-rata nilai kelas adalah 87,96 dan ketuntasan klasikal 96%.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. McGraw-Hill.

Hamidah, N. (2021). Peningkatan hasil belajar melalui model problem-based learning materi trigonometri kelas x tata busana. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12.

Haris, A., Sentaya, I. M., & Sulindra, I. G. M. (2022). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Mengurangi Learning Loss Pada Peserta Didik (Kajian Fenomenalogis Di Sma Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Nabilah, B., Ismunandar, D., & Nurjanah, S. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi trigonometri menggunakanmodel pbldi tingkat sma. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 6(1), 147.

Nofrizal. (2023). Penerapan pembelajaran problem based l earning untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas xi ipa 1sma negeri 8 muaro jambi. Jurnal Inovasi Riset Dan Akademik, 3(3), 179–185.

Octaviani, E. S., Faudiah, N. F., & Nurjannah. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa kelas x ipa menggunakan model problem-based learning. Journal of Elemantary School (JOES), 5(2), 184–191.

Saputra, H. (2020). Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 1–9.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susianna, Nancy. (2023). Desain pembelajaran problem-based learning literasi numerasi. Disampaikan dalam workshop guru Tarakanita Wilayah Bengkulu pada 23 Mei 2023

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111–120.

Downloads

Published

2024-04-01