UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Keywords:
Discovery Learning, Teams Games Tournament (TGT), kemampuan pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII-C SMP Dharma Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Instrumen yang dipakai tes dan pengamatan kemampuan guru. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dari 52,75 di siklus I menjadi 80,75 di siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar 33,33% di siklus I menjadi 86,67% di siklus II.
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. . Jakarta: Rineka Cipta.
Gusdiana, A. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Journal on Education, 6(1), 64–73.
Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana Publishing.
Lestari, H. R. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mathematics Education Journal, 1(3), 116–126.
Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas : Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.
OECD. (2023). PISA 2022 Result: Factsheets Indonesia.
Polya. (1985). How To Solve It A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed). New Jersey: Princeton University Press.
Siswono, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.