ANALISIS PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS XI B2 DI SMAN 2 GIANYAR
Keywords:
Problematika pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Kualitas pembelajaranAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk menilai kualitas pembelajaran matematika kelas XI B2 di SMAN 2 Gianyar. Untuk mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran matematika di kelas XI B2 di SMAN 2 Gianyar. Mengetahui penyebab kesulitan belajar matematika pada kelas XI B2 di SMAN Gianyar. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan sekolah untuk mengatasi tantangan pembelajaran matematika di kelas XI B2 di SMAN 2 Gianyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan dua orang guru besar matematika kelas XI B2 dan 30 siswa kelas XI B2 sebagai subjeknya. Kuesioner dan wawancara merupakan instrumen yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran matematika di SMA N 2 Gianyar cukup baik. (2) Problematika yang menjadi masalah terhadap pembelajaran matematika SMA N 2 Gianyar meliputi kurangnya minat siswa, kejenuhan metode pengajaran, dan ketergantungan pada guru. (3) Penyebabnya antara lain malasnya siswa, kejenuhan terhadap matematika, dan kurangnya pendekatan kreatif dalam pembelajaran. (4) Strategi untuk mengatasi masalah tersebut termasuk membangun minat siswa, memilih materi yang diminati siswa, dan menerapkan pembelajaran kelompok.
References
Agung Wahyu Aji, Halini, A. N. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Open-Ended Pada Materi Luas Segitiga Dan Segiempat Di Smp. 1–8.
Lestari, I., Rosyana, T., & Luvy Sylviana Zhanty. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII pada Materi Himpunan. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1841–1848. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1841-1848
Noor, C. K. putri dan trisna insan. (2014). Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Roesminingsih, E., & Masruchin, M. (2016). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Di Sd Raden Patah Tandes Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(Mi), 5–24.
Satriawan, H. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika SMP Kelas IX. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 278–285. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Syafira, Z., & Roesminingsih, M. V. (2020). Kompetensi Tutor dan Kualitas Pembelajaran di Lembaga Kursus English Is Friend Surabaya. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 82–92. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/index
Arikunto. (2016). Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.