ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP KEBUTUHAN PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA SMP

Authors

  • Fitria Angela Universitas Riau
  • Yenita Roza Universitas Riau
  • Maimunah Universitas Riau

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, Media Komik, Bentuk Aljabar

Abstract

Matematika adalah induk dari segala ilmu. Matematika digunakan secara universal mulai dari Sekolah Dasar hingga tingkat Perguruan Tinggi. Namun matematika juga dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Banyak siswa yang tidak tertarik untuk belajar matematika. Untuk itu dibutuhkan media yang dapat membuat siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar matematika. Media yang dapat digunakan adalah media komik matematika. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis respon siswa terhadap kebutuhan penggunaan komik sebagai media pembelajaran matematika materi bentuk aljabar siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan angket yang dikategorikan sesuai dengan kebutuhan target. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa 92% siswa suka membaca komik, 64% siswa suka komik yang bertema petualangan, 73% siswa membaca komik dua kali dalam seminggu, 76% siswa membaca komik di rumah, 30% siswa menyukai komik detektif conan, 100% guru belum pernah menggunakan komik sebagai media pembelajaran, dan 74% perilaku siswa setelah membaca komik adalah terbawa perasaan dengan ending komik.

References

Batubara, Y. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Comic Math dengan Menggunakan Model Guide Discovery Learning pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Negeri 2 Tapung Hulu. Skripsi. Universitas Islam Riau.

Djohari, A., Harunasari, S.Y, & Susilawati. (2019). Memperkuat Pemahaman Membaca Siswa Menggunakan Comic Strip Media. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 6.

Fahmi, J.N. (2024). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Jaring-Jaring Timbul pada Siswa Kelas V SD Negeri Janten. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 46-52.

Febriyandi, R., & Kowiyah. (2021). Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 5(3)158-164.

Indahsari, K.S.N., & Kintoko. (2021). Pengembangan Komik Matematika Bahasa Jawa Sebagai Alternatif Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Rejodadi. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(1), 25-35.

Irawan, A., & Hakim, M.A.R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/Mts. Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91-100.

Kartika, P.Y., (2017). Makna Membaca Komik Conan di Kalangan Anak Muda. Departemen Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga.

Komalasari, A., & Darmasih, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematka Melalui Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif pada Materi Operasi Aljabar. JTAM. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 46-51.

Kurniawan, N.T., & Sri, M. (2019). Implementasi Aplikasi Pixton Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Bahan Ajar Digital dalam Bentuk Komik untuk Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Caruban. 2(2).

Maghfirah, F& Herowati. (2017). Pengembangan Media Komik Strip Sains “Pemanasan Global” untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas VII SMPN 2 SUMENEP. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. 7(2), 76-84.

Nida, I.K., Buchori, A., & Murtianto, Y.H. (2017). Pengembangan Comic Math dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Jurnal Aksioma, 8(1), 31-40.

Putri S, M. I., & Dirgantoro, K.P. S. (2021). Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring. JOHME: JOURNAL Of Holistic Mathematics Education, 5(2), 172-188.

Putro, P.C., Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1), 131-142.

Qohar, A., Susiswo, N.S.H, & Wahyuningsih, S. (2021). Development Of Androit-Based Mathematics Learning Game On The Topic Of Congruence And Similarity. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 15(9), 52-69.

Rahim, F.R., Suherman, D.S., & Martin, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(2), 133-141.

Rakasiwi, N., Wahyudi, & Indriani, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilanliterasi Matematika Kelas IV. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60-70.

Rezeki, S., Dahlia, A., & Amelia, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Wordwall untuk Peserta Didik Fase E. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3136-3146.

Septy, L. (2015). Development Of Comic Media In Class VIII Opportunity Material Dedactic Journal Of Mathematics, 2(2), 17.

Rahayuningsih, S., Sa’Dijah, C., Sukoriyanto, & Qohar, A. (2022). Exploring Students’ Understanding Layers In Solving Aritmagon Problems. Cakrawala Pendidikan. 41(1), 170-185.

Rohaeni, D. (2015). Bacaan Anak-Anak Bercorak Komik Analisis Deskriptif atas Minat Baca Anak-Anak pada Komik Elex Media Komiputindo. Universitas Indonesia Library.

Rota, G., & Izquerdo, J. (2003) “Comics” As A Tool For Teaching Biotechnology In Primary School. Electronic Journal Of Biotechnology, 6(2), 8-12.

Savitri, L.C., & Qohar, A. (2020). Student Activeness In Mathematics Learning Using Comics On Social Arithmetics Topics. 4th International Conference On Frontiesrs Of Bilogical Sciences And Engineering (FBSE 2021), 1-6.

Sa’dijah, C., Murtafiah, W., Anwar, L., & Sa’diyah, M. (2023). Eksploring The Content Knowledge Of Prospective Amthematics Teacher Students In Designing HOTS Question. The 5th International Conference On Mathematics and Science Education (ICOMSE) 2021: Science and Mathematics Education Research: Current Challenges and Oppurtunities, 1-8.

Subroto, E.N., Qohar, A & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 135-141.

Sultan, M.R., Asri, I, & Suardi (2023). Perilaku Membaca Murid Sekolah Dasar Kelas Tinggi Di Era Internet (The Reading Behavior Of Hight-Grade Elementary School Students In The Internet Age). Indonesian Language And Literature. 8(2), 422-439.

Suwito, R.W., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2023). Implementasi Media Komik Matematika Digital Dalam Pembelajaran Pola Barisan Bilangan (Using Digital Mathematics Comics To Teach Number Sequence Patterns). JOHME: Journal Of Holistic Mathematics Education. 7(2), 227-243.

Wijaya, S.N., Johari, A., & Wicaksana, E.J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia pada Materi Sistem Peredaran Darah. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 4(2), 67-78.

Downloads

Published

2024-04-01