ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM
Keywords:
Kemampuan siswa, Literasi numerasi, AKMAbstract
Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam bersaing pada abad 21. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa SMP dalam mengerjakan soal AKM. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Siak Kecil sebanyak 30 orang. Data diperoleh melalui tes dan wawancara, tes yang diberikan berupa soal AKM yang berjumlah sebanyak 5 buah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi siswa terbanyak pada tingkat dasar dan selanjutnya pada tingkat perlu intervensi khusus, artinya kemampuan literasi numerasi siswa SMPN 3 Siak Kecil belum mencapai batas nilai kemampuan literasi numerasi yang ideal. Rendahnya kemampuan literasi numerasi disebabkan karena siswa belum terbiasa mengerjakan soal yang mengukur kemampuan literasi numerasi pada proses pembelajaran. Hasil analisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam mengerjakan soal AKM bisa dijadikan dasar untuk penelitian pengembangan soal AKM.
References
Estherika Anggreaini, K., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Komoetensi Minimum (AKM). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3).
Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558.
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Irwandi, B., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis kemampuan literasi statistis peserta Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Gantang, 6(2), 177–183.
Kumalasani, M. P., Fitri, D., Aini, N., & Kusumaningtyas, D. I. (2022). Komponen instrumen AKM pada proses kognitif soal AKM literasi membaca. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6. No, 2., 289–293.
Pusmenjar. (2020). Desain pengembangan soal AKM. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://drive.google.com/file/d/1vVw 8-RAXXbG4a-NSEusdz5BS3- ueDiN/view.
Pusmenjar. (2021). Contoh soal AKM. [Online] tersedia: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/[01 September 2021].
Pusmenjar Kemendikbud. (2021). Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional. 1–39.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Tri Novita Irawati. (2020). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258.
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015.
Wulandari, N. F. (2022). Pengembangan Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP kelas VII bertipe AKM ( Asesmen Kompetensi Minimum ) untuk Konten Bilangan. 06(03), 2833–2845.