SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW : ANALISIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Realistic Mathematic Education (RME), Pembelajaran Matematika di SD, Systematic literatur ReviewAbstract
Realistic Mathematic Education (RME) merupakan sebuah pendekatan pembelajaran matematika yang menggunakan masalah, situasi dan objek nyata dalam kehidupan sehari-hari sebagai titik awal dalam konteks pembelajaran matematika. Pendekatan ini menekankan penemuan kembali konsep matematika dengan interaksi dan aktifitas siswa dalam pembelajaran secara terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kajian literatur tentang penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literatur Review). Peneliti memperoleh data dengan cara mereview dan mendokumentasikan semua artikel tentang pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mulai dari tahun 2015 sampai tahun 2023 yang diperoleh dari SINTA, Google Schoolar, Scopus, dan Research Gate. Peneliti menemukan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) mampu meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan banyak kemampuan matematika peserta didik. Mulai dari kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan berpikir HOTS. Selain itu pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) memiliki pengaruh penting terahadap motivasi belajar, penalaran matematis,dan aktivitas serta kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika.
References
Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Agustina, N., Pranata, O. H., & Nugraha, A. (2020). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Meningkatkan Pemahaman pada Materi Penjumlahan Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 91–99. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26461
Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Anjarwati, Y., Amin, S. M., & Lukito, A. (2016). GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SDN 1 PULE KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2(1), 98–104.
Aprilianto, M. F., & Sutarni, S. (2023). Jurnal basicedu. 7(1), 807–815.
Ardiyani, S. M., & Gunarhadi, R. (2018). Realistic mathematics education in cooperative learning viewed from learning activity. Journal on Mathematics Education, 9(2), 301–310. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5392.301-310
Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Dwi Kurino, Y., & Cahyaningsih, U. (2020). The Effect of Realistic Mathematic Education towards Student’ Learning Motivation in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042043
Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Herzamzam, D. A., & Rahmad, I. N. (2020). Penerapan Realistic Mathematics Education (Rme) Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 184–190. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.650
Heuvel Panhuizen, M. Van Den. (2003). THE DIDACTICAL USE OF MODELS IN REALISTIC. 9–35.
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Kurnia Asih, A., Bambang Irawan, E., Sa, C., Kurnia Asih SDN Kalitanjung, A., & Cirebon Jalan Raya Kalitanjung-Kota Cirebon, K. (2017). Penerapan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan, 2(4), 524–530. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Kurnia, I. (2020). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd N 1 Karangmangu. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(1), 74–79. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i1.1896
Mailani, E., Setiawati, N. A., Surya, E., & Armanto, D. (2022). Implementasi Realistics Mathematic Education dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi/ HOTS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6813–6821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2855
Mirnawati, M., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2020). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Gugus 05 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset …, 3(1), 52–60. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/11897
Muharram, M. R. W., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2019). Analysis of students’ critical thinking skill of fractions on primary school. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032119
Noviani, J., Syahputra, E., & Murad, A. (2017). The Effect of Realistic Mathematic Education (RME) in Improving Primary School Students’ Spatial Ability in Subtopic Two Dimension Shape. Journal of Education and Practice, 8(34), 112–126. https://www.researchgate.net/publication/322326573
Peraturan Pemerintah RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.
Pramudiani, P., Herman, T., Turmudi, T., Dolk, M., & Terlouw, B. (2022). What Do Indonesian and Dutch Teachers Find Challenging When Implementing Realistic Mathematics Education? Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 103–120. https://doi.org/10.22342/jpm.17.1.20097.103-120
Purnamatati, A. M. M., Usman, H., & Yunianingsih, E. (2023). Influence a Realistic Mathematics Education Approach and Motivation on Students’ Mathematical Reasoning Ability. Journal of Instructional Mathematics, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.37640/jim.v4i1.1618
Rahmah, N. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh: Nur Rahmah. 2013, 1–10.
Restu Rahayu et al. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549.
Salamah, E., & Kelana, J. B. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas I Sd Menggunakan Model Realistic Mathematic Education (Rme). Journal of Elementary Education, 3(6), 319–326. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5163
Samritin, S., Natsir, S. R., Manaf, A., & Sari, E. R. (2023). The Effect of Realistic Mathematics Education Implementation in Mathematics Learning in Elementary School. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1), 81–88. https://doi.org/10.30998/formatif.v13i1.16522
Sholeh, A., & Fahrurozi, F. (2021). Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Blended untuk Meningkatkan Kreativitas Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1743–1753. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1022
Simarmata, N. A., Hasibuan, A., Simarmata, E. J., & Tanjung, D. S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pemebelajaran Realistic Mathematics Education Dikelas V Sd Kartika 1-2 Medan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1566. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8501
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). REAL MATHEMATICS EDUCATION ( RME ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN. 3, 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33
Siswanto, R. D. (2016). Asosiasi Antara Kemampuan Geometri Spasial Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 141–146. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp141-146
Soedjadi, R. (2014). Inti Dasar – Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.22342/jpm.1.2.807.
Soraya, F., Yurniwati, & Cahyana, U. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdn Rawajati 06 Pagi. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 87–94.
Soraya, F., Yurniwati, Y., Cahyana, U., & Syarif Sumantri, M. (2018). The Application of Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Increase the Creative Thinking Ability of Fraction Subject Matter for Fourth-Graders of SDN Rawajati 06 Pagi. American Journal of Educational Research, 6(7), 1016–1020. https://doi.org/10.12691/education-6-7-19
Stevi Natalia. (2020). Realistic Mathematics Education: Suatu Langkah Mendidik Berpikir Matematis. Jurnal Dinamika Pendidikan, 5(3), 248–253.
Sukri, Y. F., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sd Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 227. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6503
Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2022). Implementation of realistic mathematic education ( RME ) learning model in improving critical thinking skills. 13(2), 251–260.
Susilowati, E. (2018). /Index.Php/Pinus 44. 4(1).
Trisnani, N. (2022). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar : Antara Kepercayaan Vs Realita. 6(1), 49–67. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4034