RESPON MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNRI TERHADAP PEMBELAJARAN CASE-BASED LEARNING
Keywords:
CBL, Efektivitas, ResponAbstract
Case Based Learning (CBL) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menselaraskan teori dengan praktek sebagai upaya optimalisasi capaian pengalaman belajar peserta didik. Mengingat mahasiswa adalah peserta didik dewasa, maka penerapan CBL dipandang sejalan dengan prinsip belajar orang dewasa yakni “mencari tahu bukan diberi tahu” Memperhatikan karakteristik CBL, maka strategi ini dipandang menarik dan sebuah tantangan bagi mahasiswa karena dihadapkan dengan sebuah kasus yang mereka alami. Situasi pembelajaran yang demikian akan memicu respon mahasiswa yang bervarisi sesuai dengan pengalaman yang dimiliki. Rasional ini adalah asusmsi dasar dilakukannya penelitianan ini. Penelitian ekperimen ini menggunakan desain one group post tes. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNRI yang mengikuti matakuliah Strategi Pembelajaran Matematika pada Semester Ganjil 2023/2024. Instrumen pengumpul data penelitian adalah angket respon terbuka, dan dianalisis dengan stratistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif dan dikategorikan efektif.
References
Aisyah., Panjaitan, R.G.P. dan Marlina, R. 2016. Respon Siswa Terhadap Media EComic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5 (3): 1-12
Andayani E, Mustikowati RI, Setiyowati SW, Firdaus RM. Case Method, Mengoptimalkan Critical Thingking, Creativity Communication Skill dan collaboratively Mahasiswa Abad 21. JPPI. 2022;16(1)52-60 Available from: Http//ejournal.ac.id/index.php/JPPI
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255–284. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551
Frengki W, dkk. Pengaruh Penerapan metode pembelajaran Case Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa, Jurnal Health of Studies. 2020;4(1) 30-37
Dita Nur Syarafina Erlinda Rahma Dewi, dan Rofi Amiyani. 2017. “Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif”. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, pp. 243-250 view/495/pdf_1) pada 27 Juli 2017 18.45 WIB.
Hidayati, N. dan Heryanto N. M.. 2013. Respon Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran Permainan Bolavoli yang Dilakukan dengan Pendekatan Modifikasi (pada Siswa Kelas V SDN Wateswinagun I Sambeng- Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1 (1): 104-106
Marzuki. A, Dwi P, Toharuddin H (2020) Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama Dengan Pendekatan Openended, Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Vol.8 No.2 Edisi Mei 2020
Misliani dan Ruqiah G. P. P. 2013. Respon Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru IPA Biologi di Kecamatan Kendawangan. WahanaBio. 9 (1-2): 1-10
Susandari, Pengaruh Metode “Case Based” pada Pemahaman Konsep dan Teori Psikologi Pendidikan, Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial Ekonomi, dan Humaniora, Vol. 3, No.1, 2012, h. 362, diakses dari (http://proceeding.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/
Simanjuntak, S. D., & Imelda, I. (2018). RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.874
Syarafina, D. N., & Dewi, E. R. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif.
Williams, B. (2005). Case based learning--a review of the literature: Is there scope for this educational paradigm in prehospital education? Emergency Medicine Journal, 22(8), 577–581. https://doi.org/10.1136/emj.2004.022707
.