ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Desi Kurnia Wati Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
  • Elfis Suanto Universitas Riau

Keywords:

Analisis kesalahan, aritmatika sosial, gaya belajar, teori newman

Abstract

Peserta didik menghadapi kesulitan dalam belajar matematika karena kurangnya pemahaman terhadap konsep yang dipelajari, yang berpotensi mengakibatkan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Newman's Error Analysis merupakan alat diagnostik yang efektif untuk mengevaluasi kesalahan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Gaya belajar merupakan karakteristik yang memengaruhi hasil belajar serta kesalahan yang terjadi saat menyelesaikan soal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial dengan mempertimbangkan gaya belajar menurut teori Newman. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Data dikumpulkan melalui tes, kuesioner, dan wawancara, serta dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki preferensi gaya belajar auditorial memiliki kecenderungan untuk melakukan kesalahan dalam memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean. Sementara peserta didik dengan gaya belajar visual cenderung melakukan kesalahan dalam keterampilan proses dan pengkodean. Adapun peserta didik yang cenderung menggunakan gaya belajar kinestetik lebih sering melakukan kesalahan dalam keterampilan proses dan pengkodean.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 151–162.

Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 522–532.

Filayati, U. U., Novianti, D. E., & Suriyah, P. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita pada Materi Limas Ditinjau dari Gaya Belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(1), 1–10.

Gumanti, & Kartini. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 17–28.

Hadaming, H., & Wahyudi, A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), 212–220.

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, 7(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Khoirunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2398–2409. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.869

Kurniati, I., Said, H. B., & Hidayat, Ak. F. (2019). Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Phi (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 70–75.

Ni Komang Safitri, I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari, & Gusti Ayu Made Arna Putri. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tipe Hots Materi Aljabar Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 13(1), 8–20.

Nurjanah, A., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Prisma, 11(2), 406–414.

Pradini, W. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 33–45.

Reskina, & Kartini. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Berdasarkan Teori Newman. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 238–248.

Rr Chusnul C, Mardiyana, & S, D. R. (2017). Errors analysis of problem solving using the Newman stage after applying cooperative learning of TTW type. International Conference and Workshop on Mathematical Analysis and Its Applications, 1913(1), 1–7.

Santoso, D. A., A, F., & Ulum, B. (2017). Error Analysis Of Students Working About Word Problem Of Linear Program With NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 1–8.

Senita, A., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XI MIPA SMAN 1 Gunung Toar Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 197–204.

Setianingrum, M. A., & Novitasari, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Fibonacci Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 59–70. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1638

Suratih, & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111–123.

Ulfa, D., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 542–550.

Wati, D. K., Saragih, S., Suanto, E., & Roza, Y. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Prisma, 12(2), 425–435.

Yofita, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42–56.

Downloads

Published

2024-04-01