ANALISIS KEBUTUHAN INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK FASE E PADA KONTEN ALJABAR

Authors

  • Arialis Senita Universitas Riau
  • Maimunah Universitas Riau
  • Yenita Roza Universitas Riau

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Aljabar

Abstract

Asesmen dalam kegiatan pembelajaran merupakan kunci untuk mengetahui hal tersebut, sebelum memulai pembelajaran setidaknya guru sudah memiliki gambaran awal tentang peserta didik yang akan diajarnya, sehingga guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, pemilihan media, metode dan proses yang akan dilaksanakan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik yang akan diajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dalam mengembangkan instrumen asesmen formatif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik fase E pada konten aljabar.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan peserta didik SMA di salah satu Kabupaten Kuantan Singingi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara guru dan penyebaran angket kepada peserta didik untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan Instrumen asesmen formatif, kemudian disederhanakan melalui analisis penajaman, melakukan klasifikasi, bimbingan, pengolahan dan pemilahan untuk mencapai kesimpulan akhir dan memverifikasinya. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah diperlukan pengembangan instrumen asesmen formatif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik fase E pada konten aljabar.

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Asep Amam., (2017), Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1), 39-46.

Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003.

Kemdikburistek. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Nugraha, D. A., & Santika, S. (2020). Distribusi Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Prisma, 9(1), 20-36.

Nurwulan, S. (2021). Pengaruh pemberian tes formatif terhadap hasil belajar matematika materi faktorisasi suku aljabar pada kelas VIII MTS Qur’aniyah Batu Kuta-Narmada Lombok Barat. Jurnal Syntax Admiration, 2(6), 1167-1175.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18-26.

Santi, I., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1584-1602.

Supartinah, A., & Hidayat, W. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Persamaan Linear Tiga Variabel. Prisma, 10(1), 54-65.

Tina Sri Sumartini. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurna Pendidikan Matematika: Mosharafa, 5(2), hal: 148-158.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa SMK pada materi trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.

Downloads

Published

2024-04-01