GAME ETNOMATEMATIKA KWERITOP DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BANGUN DATAR PESERTA DIDIK SMP

Authors

  • Anis Munfarikhatin Universitas Musamus
  • Rizqi Anugrah Universitas Musamus
  • Fidia Dewi Lestari Universitas Musamus

Keywords:

Game, Etnomatematika, Kweritop, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran bermuatan permainan tradisional kweritop dalam pembelajaran konsep bangun datar bagi peserta didik SMP  yang valid, praktis dan efektif. Penelitian dilakukan di salah satu sekolah dengan pertimbangan mayoritas peserta didiknya adalah peserta didik asli Papua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan soal tes. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi, angket respon guru, lembar observasi peserta didik dan lembar pretest-posttest. Hasil penelitian pengembangan game etnomatematika kweritop memiliki kriteria valid oleh ketiga validator dengan skor V-Aiken ≥ 0,61 pada seluruh aspek penilaian. Game etnomatematika kweritop dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil dari lembar observasi peserta didik tentang manfaat dan kemudahan dengan skor rata-rata 3,92. Game etnomatematika dinyatakan sangat efektif berdasarkan hasil penilaian posttest dengan persentase ketuntasan sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis maka game etnomatematika kweritop telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan game etnomatematika kweritop peserta didik dapat memahami konsep dasar bangun datar dan terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas.

References

Alghar, M. Z., & Marhayati, M. (2023). Ethnomathematics: Exploration of Fractal Geometry in Gate Ornaments of the Sumenep Jamik Mosque Using the Lindenmayer System. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 6(3), 311. https://doi.org/10.24042/ijsme.v6i3.18219

Asriyani, W. D., & Setyadi, D. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional daerah Kaliwungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 348–360. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2151

Cahyono, Adi Nur. (2017). MathCityMap : Motivating students to engage in mathematics through a mobile app-supported math trail program. Research on Outdoor STEM Education in the Digital Age. Proceedings of the ROSETA Online Conference in June 2020, 155–158.

Hosseini, S., & Haghighi Shirazi, Z. R. (2021). Towards teacher innovative work behavior: A conceptual model. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1869364

Munfarikhatin, A. (2019). Musamus Jurnal of Mathematics Education. 2.

Munfarikhatin, A., Mayasari, D., Natsir, I., & Yurfiah. (2019). Analysis of hard work character and students of PISA mathematics literature. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/343/1/012211

Munfarikhatin, A., Natsir, I., & Palobo, M. (2021). Student ’ s Obstacle in Solving PISA Like Task : An Error Analysis. 603(Icss), 431–437.

Munfarikhatin, A., & Rachmat, R. (2021). Pendampingan Membuat Pop Up Book Mace (Membaca Asyik Dan Ceria) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Anak Autisme Di Slb Anim Ha. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 77–88. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.107

Novita Erni Hendrawati, Nuzulul Muttaqin, E. S. (2019). Vol.3. Etnomatematika: Literasi Numerasi Berdasarkan Bahasa Pada Suku Kowai Kabupaten Kaimana, 239–243.

Rohmawaty, E., Rostikawati Husen, I., Vicahyani Utami, N., & Berbudi, A. (2022). The effectiveness of games in learning antihypertensive drugs on medical students: A cross-sectional study. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2007573

Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Kartu Domano (Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75

Ulya, H. (2017). Permainan tradisional sebagai media dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 6, 371–376.

Umbara, U., Prabawanto, S., & Jatisunda, M. G. (2023). Combination of Mathematical Literacy With Ethnomathematics: How To Perspective Sundanese Culture. Infinity Journal, 12(2), 393–414. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i2.p393-414

Uskono, D., Deda, Y. N., & Amsikan, S. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kaneker di Desa Bitefa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 19–30. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/primatika/article/view/1312

Wafiqoh, R., Ardiansah, F., Anisa, F., & Zananti, S. (2022). Modifikasi Permainan Caklingking Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Berhitung Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1924. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5365

Wulantina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Garis Dan Sudut. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 367–373. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/2399/1939

Downloads

Published

2024-04-01