ANALISIS PENALARAN SPASIAL DAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI: TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • AM. Mega Purnamatati Universitas Negeri Jakarta
  • Meiliasari Universitas Negeri Jakarta
  • Karsih Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Penalaran spasial, Berpikir kreatif, Pemecahan masalah geometri

Abstract

Matematika dapat membantu mnyelesaikan  masalah dalam kehidupan sehari-hari. Geometri salah satu materi matematika, pada kelas 5 sekolah dasar dengan cakupan materi mengonstruksi dan mengurai beberapa bangun ruang dan gabungannya, mengenali visualisasi spasial, membandingkan karakteristik antar bangun ruang yang memerlukan suatu kemampuan dalam proses penyelesaian suatu permasalahan tersebut. Penelitian ini akan mengkaji analisis hubungan penalaran spasial dan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal geometri di sekolah dasar, ditinjau dari berbagai artikel penelitian yang membahas topik yang sama. Penelitian ini menggunakan model metode Narrative Literature Review (NLR) dengan teknik Compare. Tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1) Menganalisis penalaran spasial dan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal geometri sekolah dasar; 2) Menganalisis  hubungan  penalaran spasial dan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal geometri sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui artikel dari jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan dari tahun 2019 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persamaan penelitian penalaran spasial adalah pengaruh penalaran spasial dalam proses kinerja matematika sementara perbedaannya terdapat sub variable judul seperti gender, materi dari geometri serta alat tes; 2) Persamaan penelitian berpikir kreatif yakni pada komponen yang digunakan dalam proses pemecahan masalah  dan perbedaaannya yaitu pada artikel yang menhubungkan penalaran spasial dan berpikir kreatif dalam penyelesaian soal geometri yakni dalam hal kelancaran, fleksibilitas, dan orisinalitas  yakni peserta didik menerapkan penalaran spasial berupa visualisasi spasial dan rotasi mental dalam kreativitas nya untuk memecahkan masalah.

References

Aini, N. (2022). Hubungan antara kemampuan matematika dan tingkat penalaran spasial sekolah dasar pada materi geometri. 13(1).

Aini, N., & Suryowati, E. (2022). Mengeksplor Penalaran Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61–72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1183

Altıner, E. Ç. & M. Cihangir Doğan. (2018). Investigating The Spatial Reasoning Skills Of Students In The Context Of Mathematical Thinking Profiles. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1318323

Amir, M. F., Fediyanto, N., Rudyanto, H. E., Nur Afifah, D. S., & Tortop, H. S. (2020). Elementary students’ perceptions of 3Dmetric: A cross-sectional study. Heliyon, 6(6), e04052. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04052

Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTS/Program Paket B, dan SMA/MA/Program Paket C. Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Byrne, R. M. J., & Johnson-Laird, P. N. (1989). Spatial reasoning. Journal of Memory and Language, 28(5), 564–575. https://doi.org/10.1016/0749-596X(89)90013-2

Choi, J., & Kim, M. K. (2021). An analysis of spatial reasoning ability and problem solving ability of elementary school students while solving ill-structured problems. The Mathematical Education, 60(2), 133–157. https://doi.org/10.7468/MATHEDU.2021.60.1.133

Clements, D. H. (1992). Geometry and Spatial Reasoning. In D. A. Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning (pp. 420-464). New York: Macmillan.

Cook, S. C., Collins, L. W., Morin, L. L., & Riccomini, P. J. (2020). Schema-Based Instruction for Mathematical Word Problem Solving: An Evidence-Based Review for Students With Learning Disabilities. Learning Disability Quarterly, 43(2), 75–87. https://doi.org/10.1177/0731948718823080

Duranovic, M., & Didic, E. (2023). Prevalence and characteristics of geometric difficulties in elementary school children. 10(1).

Fujita, T., Kondo, Y., Kumakura, H., Kunimune, S., & Jones, K. (2020). Spatial reasoning skills about 2D representations of 3D geometrical shapes in grades 4 to 9. Mathematics Education Research Journal, 32(2), 235–255. https://doi.org/10.1007/s13394-020-00335-w

Guilford. (1967). Creativity: Yesterday, Today and Tomorrow. Journal Of Creative Behaviours.

Harris, D. (2021). Spatial ability, skills, reasoning or thinking: What does it mean for mathematics?

Harris, D., Lowrie, T., Logan, T., & Hegarty, M. (2021). Spatial reasoning, mathematics, and gender: Do spatial constructs differ in their contribution to performance? British Journal of Educational Psychology, 91(1), 409–441. https://doi.org/10.1111/bjep.12371

Hegarty, M., & Waller, D. A. (2005). Individual Differences in Spatial Abilities. Cambridge Bool Online, University Press 2010.

Hudoyo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang.

Kusnadi, D., Barumbun, M., & Fauzan, B. A. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 7(2), 146–157. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3100

Lowrie, T., Logan, T., & Hegarty, M. (2019). The Influence of Spatial Visualization Training on Students’ Spatial Reasoning and Mathematics Performance. Journal of Cognition and Development, 20(5), 729–751. https://doi.org/10.1080/15248372.2019.1653298

Lowrie, T., Resnick, I., Harris, D., & Logan, T. (2020). In search of the mechanisms that enable transfer from spatial reasoning to mathematics understanding. Mathematics Education Research Journal, 32(2), 175–188. https://doi.org/10.1007/s13394-020-00336-9

McGregor, D. (2007). Developing thinking; developing learning: A guide to thinking skills in education. Open Univ. Press.

Novitasari, D., Risfianty, D. K., Triutami, T. W., Wulandari, N. P., & Tyaningsih, R. Y. (2021). The relation between spatial reasoning and creativity in solving geometric problems. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012007

Palmiero, M., & Srinivasan, N. (2015). Creativity and Spatial Ability: A Critical Evaluation.

Pehkonen, E. (1997). The state-of-art in mathematical creativity. Zentralblatt Für Didaktik Der Mathematik, 29(3), 63–67. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0001-z

Pradana, L. N., & Sholikhah, O. H. (2021). Connecting Spatial Reasoning Process to Geometric Problem. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 121–129. https://doi.org/10.23917/ppd.v8i2.16132

Putri, L. S., & Pujiastuti1, H. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8 (1), 2021, 65–74.

Ramdhani, L., & Fauzi, A. (2020a). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ruang. . . Oktober, 6(2).

Ramful, A., Lowrie, T., & Logan, T. (2016). Measurement of Spatial Ability. Journal of Psychoeducational Assessment. https://doi.org/10.1177/0734282916659207

Reys, R. E. (Ed.). (2009). Helping children learn mathematics (9th ed). John Wiley & Sons.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics.

Suh, J., & Cho, J. Y. (2020). Linking spatial ability, spatial strategies, and spatial creativity: A step to clarify the fuzzy relationship between spatial ability and creativity. Thinking Skills and Creativity, 35, 100628. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100628

Torrance, E. P. (1972). Predictive Validity of the Torrance Tests of Creative Thinking*. The Journal of Creative Behavior, 6(4), 236–262. https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1972.tb00936.x

Wahyudi, Dr., Waluya, Sb., Suyitno, H., Isnarto, Dr., & M. Pramusita, S. (2019). Schemata in Creative Thinking to Solve Mathematical Problems about Geometry. Universal Journal of Educational Research, 7(11), 2444–2448. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071122

Yayuk, E., Purwanto, P., Rahman, A., & Subanji, S. (2020). Primary School Students’ Creative Thinking Skills in Mathematics Problem Solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1281

Downloads

Published

2024-04-01