ETNOMATEMATIKA SEBAGAI SARANA PENGUATAN BUDAYA LOKAL MELALUI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Keywords:
Etnomatematika, Budaya Lokal, Kurikulum MerdekaAbstract
Etnomatematika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana suatu kelompok budaya memanfaatkan ide dan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Etnomatematika menggambarkan hubungan erat antara matematika dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran etnomatematika dalam penguatan budaya lokal melalui kurikulum merdeka belajar. Metode penelitian adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai referensi terkait etnomatematika dan kurikulum merdeka belajar. Hasil studi menunjukkan bahwa integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika di sekolah dapat menjadi sarana efektif untuk memperkuat budaya lokal. Etnomatematika memungkinkan siswa mempelajari matematika melalui konteks budaya setempat sehingga budaya lokal tetap terjaga dan dilestarikan. Oleh karena itu, pemanfaatan etnomatematika secara optimal dalam kurikulum merdeka belajar perlu dilakukan agar budaya lokal Indonesia tetap kuat di tengah modernisasi.
References
Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2010). Multicultural education: Issues and perspectives (7th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.
Chrissanti, M. I. (2018). Etnomatematika Sebagai Salah Satu Upaya Penguatan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2018. https://conference.unsri.ac.id/index.php/semirata/article/view/1327
Chrissanti, M.I. (2018). Etnomatematika sebagai salah satu upaya penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 Edisi Dies Natalis XXXII, 243-252.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
D'Ambrosio, U. (2001). Etnomatemática: Elo entre as tradições e a modernidade [Ethnomathematics: Link between traditions and modernity]. Belo Horizonte, Brazil: Autêntica.
D'Ambrosio, U. (2001). Etnomatemática: Elo entre as tradições e a modernidade [Ethnomathematics: Link between traditions and modernity]. Belo Horizonte, Brazil: Autêntica.
Fajriah, dkk. 2023. Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Wawasan Kearifan Lokal Guru Matematika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index. ISSN: 2722-3043 (online) ISSN: 2722-2934 (print) Vol 5 No 1 2023. Hal 313-325.
Fajriah, N., Pasani, C. F., Suryaningsih, Y., Eryanto, A. N. E., & Nasrullah. (2023). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Wawasan Kearifan Lokal Guru Matematika. Jurnal
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Ethnomathematics: A Bridge Between Cultural Traditions and Modern Society. International Journal of Engineering Pedagogy, 8(4), 53-63.
Iswara, dkk. 2022. Implementasi Etnomatematika pada Kurikulum Merdeka Melalui Hibriditas Budaya di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.UNNES 2022: 447-453 .
Kemendikbud. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar: Pengembangan Kurikulum Baru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 21-38.
Suherman, A., Permana, D., & Rohmawati, L. (2020). Etnomatematika: Kajian Matematika dalam Perpektif Budaya. Yogyakarta: Deepublish.
Tristia, dkk. 2023. Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika dan Menguatkan Karakter Cinta Tanah Air di SDN 2 Gendingan. Journal of Basic Learning and Thematic Vol. 1, No. 2, Juli 2023, pp. 48-54.
Wahyuni, A., Akbar, P., & Hamid, A. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 113-118.