BOREDOM BERKURANG: PRAKTIK BAIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA BUDAYA UNTUK PENGALAMAN BELAJAR YANG LEBIH BERMAKNA DAN MENYENANGKAN

Authors

  • Muhammad Irfan Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

boredom, budaya, etnomatematika, pembelajaran matematika

Abstract

Pembelajaran matematika sering kali dihadapi dengan tantangan dalam mengatasi kebosanan dan kurangnya minat siswa. Pendekatan etnomatematika, yang menekankan integrasi matematika dengan konteks budaya siswa, muncul sebagai solusi menarik untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya etnomatematika dalam mereduksi kebosanan dalam pembelajaran matematika dan bagaimana pendekatan ini dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Artikel ini mengulas praktik baik dalam pembuatan produk inovasi matematika bernuansa budaya. Sebanyak 146 guru Sekolah Dasar di D.I. Yogyakarta, Wonosobo, dan Temanggung terlibat dalam pembuatan inovasi pembelajaran matematika bernuansa budaya. Dalam pembuatan produk, melalui Langkah-langkah menyusun analisis SWOT, membuat rancangan produk, pembuatan produk dan ujicoba di kelas. Hasilnya, terdapat variasi produk yang dihasilkan baik berupa bahan ajar, LKPD, maupun permainan. Dalam penerapannya, siswa mempunyai pengalaman belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

References

Amaral, D., Tomé, A. O., & dos Santos Gonçalves, A. (2023). Factors affecting student’s interest in learning Mathematics. Journal of Education Science and Humanities of the Instituto Superior Cristal, 4(01), 1–7.

Arta, I. M., Japa, I. G. N., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning berbantuan Icebreaker berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–273.

Bekker, C. I., Rothmann, S., & Kloppers, M. M. (2023). The happy learner: Effects of academic boredom, burnout, and engagement. Frontiers in Psychology, 13, 974486.

Camacho-Morles, J., Slemp, G. R., Pekrun, R., Loderer, K., Hou, H., & Oades, L. G. (2021). Activity achievement emotions and academic performance: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 33(3), 1051–1095.

Cheng, L. (2023). Delving into the role of mindfulness on the relationship among creativity, anxiety, and boredom of young EFL learners. Heliyon, 9(2).

Dewaele, J.-M., Albakistani, A., & Ahmed, I. K. (2024). Levels of foreign language enjoyment, anxiety and boredom in emergency remote teaching and in in-person classes. The Language Learning Journal, 52(1), 117–130.

Eastwood, J. D., Cavaliere, C., Fahlman, S. A., & Eastwood, A. E. (2007). A desire for desires: Boredom and its relation to alexithymia. Personality and Individual Differences, 42(6), 1035–1045.

Gerritsen, C. J., Toplak, M. E., Sciaraffa, J., & Eastwood, J. (2014). I can’t get no satisfaction: Potential causes of boredom. Consciousness and Cognition, 27, 27–41.

Hidayati, F. N., & Prahmana, R. C. I. (2022). Ethnomathematics’ Research in Indonesia during 2015-2020. Indonesian Journal of Ethnomathematics, 1(1), 29–42. https://doi.org/http://doi.org/10.48135/ije.v1i1.29-42

Hunter, J. P., & Csikszentmihalyi, M. (2003). The positive psychology of interested adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 32, 27–35.

Irfan, M., Setiana, D. S., Ningsih, E. F., Kusumaningtyas, W., & Widodo, S. A. (2019). Traditional ceremony ki ageng wonolelo as mathematics learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012140

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).

Knudsen, E. I. (2007). Fundamental components of attention. Annu. Rev. Neurosci., 30, 57–78.

Rusli, R., & Safaah, T. N. (2023). Research Trend on Ethnomathematics from 2012 To 2022: A Bibliometric Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 6(1), 37–47. https://doi.org/10.24042/ijsme.v6i1.14794

Sulistyowati, F., Irmawati, I., Maharani, N. S., & Irfan, M. (2023). ANALYSIS ON STUDENTS’NUMERACY SKILLS IN SOLVING PROPORTION PROBLEMS IN THE CONTEXTS OF CANDI UMBUL TRADITIONAL MARKET. Ethnomathematics Journal, 4(2).

Downloads

Published

2024-04-01