KEARIFAN LOKAL BALI DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA: SEBUAH SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW TENTANG ETNOMATEMATIKA

Authors

  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Gita Cahyani Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Etnomatematika kearifan lokal Bali, pembelajaran matematika bermakna, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dari trend integrasi etnomatematika kearifan lokal Bali dalam pembelajaran matematika untuk mengakomodasi roh dari Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review yang dilakukan dengan proses identifikasi, penilaian, dan penafsiran semua bukti penelitian yang tersedia dengan objek penelitiannya adalah etnomatematika kearifan lokal Bali dan integrasinya dalam pembelajaran matematika. Desain yang digunakan adalah merangkum, mereview, dan menganalisis 21 artikel yang sangat relevan dengan objek penelitian pada jurnal terakreditasi Sinta, terindeks Scopus, dan terindeks Web of Science. Hasil Systematic Literature Review ini menunjukkan bahwa unsur etnomatematika kearifan lokal Bali yang telah dikaji sebelumnya dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Integrasi etnomatematika kearifan lokal Bali yang sudah ada disajikan sebagai konten, produk, dan proses pada pembelajaran matematika yang berdiferensiasi, namun kecendrungan yang terjadi lebih banyak disajikan dalam bentuk konten.

References

Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370

Andriyani, & Kurtanto. (2017). ETNOMATEMATIKA: MODEL BARU DALAM PEMBELAJARAN. 2(2), 133–144.

Angraini, F., Erita, S., Oktafia, M., & Nasution, E. Y. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2586

Astawa, I. W. P. (2022). Ethnomathematics: Exploration of Traditional Balinese Flute as Mathematics Learning Resources. JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 55(2), 362–374. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i2.39284

Astria, R., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647

Atmaja, I. M. D. (2014). ETHNOMATEMATIKA PENCIPTA LAGU DAN KAITANNYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1).

Cahayaningrat, P. W., Anastasya Pratiwi, N. W. D., Alvionitha, N. P. M., & Made Srinadi, I. G. A. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Journal on Education, 6(2), 12651–12659. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5122

Darmayasa, J. B., Wahyudin, W., & Mulyana, T. (2020). Application of the reflection concept in majejahitan activity. 1(1).

Dewi, L. I. P. (2019). ETNOMATEMATIKA DALAM TARI BALI DITINJAU DARI KLASIFIKASI TARI BALI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1).

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Diputra, G. N. O. (2023). Ethnomathematics Of The Jejahitan In Balinese Hindu Ritual. 02(02).

Diputra, G. N. O., Pradnyana, P. B., Astuti, N. P. E., Darmayanti, N. W. S., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). ETNOMATEMATIKA PADA KLAKAT UPACARA ADAT BALI. Jurnal Elementary, 5(1), 64. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.7392

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN DENGKLAQ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983

Fitriani, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Penelitian Implementasi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3968

Hayati, L., & Salsabila, N. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Classroom Action Research, 5(4).

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Lestari, M., Irawan, A., Rahayu, W., & Parwati, N. W. (2018). Ethnomathematics elements in Batik Bali using backpropagation method. Journal of Physics: Conference Series, 1022, 012012. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012012

Mahendra, I. W. E. (2017). PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJAR MATEMATIKA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Marinka, D. O., & Febriani, P. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02).

Maryati, & Rully, C. I. P. (2018). ETHNOMATHEMATICS: EXPLORING THE ACTIVITIES OF DESIGNING KEBAYA KARTINI. MaPan, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a2

Masamah, U. (2019). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL KUDUS. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (KUDUS), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4882

Nabila, H., Nursyahidah, F., & Prasetyowati, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Ispring Suite. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(3).

N.K.V. Dwianjani, I.W.P. Astawa, & I.N. Sukajaya. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI BRSD BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69–80. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1447

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714

Pasek Suryawan, I. P., & Winda Maharani, L. D. (2021). Etnomatematika Kain Tenun Ikat Gringsing Desa Tenganan: Kajian Konsep Geometri Pada Motif Lubeng. XI(02), 303–312. https://doi.org/10.5281/ZENODO.5637756

Pramesti, S. L. D., & Falasyifa, N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Strategi REACT untuk Mengembangkan Kecakapan Numerasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik. 3(1).

Puspadewi, K. R. P., Wulandari, G. A. P. A., & Payadnya, I. P. A. A. (2023). ETNOMATEMATIKA PADA ALAT TANGKAP IKAN TRADISIONAL “BUBU.” Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, 3(2), 218–225. https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.7420

Radiana, P. R., Wiarta, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA KELAS V. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i1.28906

Radiusman, R., Wardani, K. S. K., Apsari, R. A., Nurmawanti, I., & Gunawan, G. (2021). Ethnomathematics in Balinese Traditional Dance: A Study of Angles in Hand Gestures. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012074

Rani, K., Winangun, I. M. A., & Dewi, P. I. A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING BERBASIS ETNOMATEMATIKA JEJAHITAN BALI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 3(1).

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. COMMUNITY ENGAGEMENT.

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157

Sipahutar, W., & Reflina, R. (2023). ETNOMATEMATIKA: PENGENALAN BANGUN RUANG MELALUI KONTEKS MUSEUM NEGERI SUMATRA UTARA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1604. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7054

Suharta, I. G. P., Sudiarta, I. G. P., & Astawa, I. W. P. (2017). Ethnomathematics of Balinese Traditional Houses. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 3(4), 42. https://doi.org/10.21744/irjeis.v3i4.501

Sumiyati, W., Netriwati, N., & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 15. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1907

Suparman, Juandi, D., & Tamur, M. (2021). Problem-Based Learning for Mathematical Critical Thinking Skills: A Meta-Analysis. Journal of Hunan University (Natural Sciences), 48(2), 133–144.

Suryawan, I. P. P., Jana, P., Pujawan, I. G. N., & Hartawan, I. G. N. Y. (2023). Ethnomathematically Controversial Problem-Based Multimodal Approach in Terms of Students’ Critical Thinking Ability. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3). https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.33

Suryawan, I. P. P., & Juniantari, M. (2021). Undagi Bali Ethnomathematic Study and How to Acquire Its Knowledge: First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.064

Suryawan, I. P. P. & Sariyasa. (2018). Integrating ethnomathematics into open-ended problem based teaching materials. Journal of Physics: Conference Series, 1040, 012033. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012033

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

Sutrisno, L. T. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16192

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1183

Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). SYSTEMATICS LITERATURE REVIEW: EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS MASYARAKAT. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 173–185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110

Wijayanti, N. P. A. A., Sunardi, Tirta, I. M., Margaretha, P. M., & Wijaya, Y. Y. (2019). Ethnomathematics in Balinese culture as a learning material for logic and reasoning geometry. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243, 012058. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012058

Downloads

Published

2024-04-01