INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENGUATKAN LITERASI DAN NUMERASI UNTUK MENDUKUNG PROFIL PELAJAR PANCASILA
Abstract
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. Untuk peningkatan mutu pendidikan nasional, Pemerintah Pusat menentukan kebijakan nasional dan standar nasional pendidikan yaitu kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memajukan kebudayaan, Kemendikbud mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global (Permendikbud No 22 Tahun 2020). Untuk menjalankan kebijakan tersebut pemerintah telah menetapkan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana tertuang dalam PP nomer 4 tahun 2022 (perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan) yang menyatakan bahwa Standar kompetensi lulusan pada Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan dasar, menengah, dan menengah kejuruan difokuskan persiapan Peserta Didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia; serta penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Khusus untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar juga difokuskan pada penumbuhan kompetensi literasi dan numerasi Peserta Didik untuk mengikuti Pendidikan lebih lanjut (Permendikbudristek No 5 tahun 2022). Literasi yang dimaksud dalam PP maupun permendikbudristek ini adalah literasi bahasa, dan numerasi yang dimaksud adalah literasi matematika.
References
De Lange, J. (2003). Mathematics for Literacy. In M. Niss (Ed.), Quantitative Literacy and Mathematical Competencies, pp 75-89. Princeton, NJ: National Council on Education and the Disciplines
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.
Firdaus, F. M., Wahyudin, & Herman, T. (2017). Improving primary students’ mathematical literacy through problem based learning and direct instruction. Educational Research and Reviews, 12(4), 212-219.
Haara, F. O. (2018). Pedagogical Enterpreneurship in School Mathematics: An Approach for Students’ Development of Mathematical Literacy. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 19 (2), 253-268.
Haara, F. O., Bolstad, O. H. & Jenssen, E. S. (2017). Research on mathematical literacy in schools – Aim, approach and attention. European Journal of Science and Mathematics Education, 5(3), 285-313
Hartatik, S., & Nafiah, N. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42.
Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbudristek (2020). Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Jenjang SMP Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat SMP
Kemdikbud (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemdikbud (2020). Permendikbudristek No 22 Tahun 2020 Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Kemdikbudristek (2020). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat SMP.
Kemdikbudristek (2021). Permendikbud No 57 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional
Kemdikbudristek (2022). Permendikbudristek No 5 tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.
Lamada, M., Rahman, E. S., & Herawati. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 6(1), 35–42. Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 6988.
Marciniak, Z. (2015). A Research Mathematician’s View on Mathematical Literacy. In: Stacey, K. & Turner, R., Assessing mathematical literacy: The PISA experience(pp. 117-124). New York: Springer.
Mubarak, H. Z. (2019). Sistem Pendidikan di Negeri Kangguru: Studi Komparatif Australia dan Indonesia. zakimu. Com
Müller, C., Stahl, M., Alder, M., & Müller, M. (2018). Learning Effectiveness and Students' Perceptions in a Flexible Learning Course. European Journal of Open, Distance and ELearning, 21(2), 44-52.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/wp-content/uploads/filebase/full%20pdfs/T15-InternationalResults-in-Mathematics.pdf
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264190511-en.
Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemdikbud
Peraturan Pemerintah. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah. (2022). Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2022, Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sanjaya, Wina. (2012). Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Sujadi, I. dkk (2022). Pembelajaran Berbasis Aktivitas Untuk Penguatan Numerasi Jenjang SMP, Surakarta: Yuma Perkasa
Suryadi, D. dkk. (2016). Monograf. Dedactical Design Research (DDR), Bandung: Rizqi
Suryadi, D. (2019). Landasan filosofi Penelitian Desain Didaktis (DDR). Pusat Pengembangan DDR Indonesia.
Smith, C.W., Elkins, J., & Gunn, S. (2011). Multiple Perspectives on Difficulties in Learning Literacy and Numeracy. Dordrecht, Belanda: Springer.
Stacey, K. & Turner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. New York: Springer.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass/Wiley.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Watkins, C., Carnell, E., & Lodge, C. (2007). Effective learning in classrooms. Paul Chapman Educational Publishing.
Weilin, H., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.