PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM BERBANTUAN WHATSAPP DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM

Authors

  • Rosalia Fransiska Inda Malo Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Suwija Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Perbedaan, Hasil Belajar Matematika, Aplikasi Zoom berbantuan WhatssApp, Aplikasi Google Classroom

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine whether there are differences in the mathematics learning outcomes of students who are taught using the WhatsApp-assisted Zoom application with the Google Classroom application in class X IPA SMA Negeri 7 Denpasar. This type of research is an experimental research with Posttest Only Control Group Design which was carried out at SMA Negeri 7 Denpasar. The samples in this study were students of class X IPA 4 as the experimental class and class X IPA 5 as the control class. Students' mathematics learning outcomes were tested using a test technique, namely an objective test on the function material. The results obtained using a non-parametric test, namely the Wilcoxon Runk Sum Test, show that there are differences in learning outcomes of mathematics taught using the WhatsApp-assisted Zoom application and the Google Classroom application with P value < α. The conclusion from this research is that the Google Classroom application is better than the WhatsApp-assisted Zoom application. Keywords: Differences, Mathematics Learning Outcomes, WhatsApp-assisted Zoom Application, Google Classroom Application

 

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Zoom berbantuan WhatsApp dengan aplikasi Google Classroom di kelas X IPA SMA Negeri 7 Denpasar . jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Posttest Only Control Group Design yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Denpasar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar matematika siswa diuji dengan menggunakan teknik tes yaitu tes objektif pada materi fungsi. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan uji non parametrik yaitu uji Wilcoxon Runk Sum Test menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Zoom berbantuan WhatsApp dengan aplikasi Google Classroom dengan P value < α. Simpulan dari penelitian ini bahwa aplikasi Google Classroom lebih bagus daripada aplikasi Zoom berbantuan WhatsApp.

Kata Kunci : Perbedaan, Hasil Belajar Matematika, Aplikasi Zoom berbantuan WhatssApp, Aplikasi Google Classroom

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara (hlm. 173)

Dharma, B. K.,& Kristin F. (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Menggunakan Aplikasi Zoom dan Google Classroom terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Rokania, 46 – 60.

Fauziah, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatlan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Tema Keragaman Suku Bansa dan Agama Di Negeriku Kelas IV SDN Bhinangkit Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 61-68.

Hayati, E., dkk. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Dibelajarkan Menggunakan Aplikasi Google Classroom dengan Aplikasi Google Meet Berbantuan WhatsApp pada Siswa Kelas X IPA SMAN 6 Denpasar. Skripsi (tidak diterbitkan) Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar

Hidayat, A. (2014). Tutorial Cara Uji Wilcoxon Rank Sum Test. Tersedia di https://www.statistikian.com/2014/04/wilcoxon-rank-sum-test.html?amp

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Organisation for Economis Co-operation and Development (OECD). (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018, 1-8. Dapat diakses pada www.oecd.org.edu/pisa.

Suandhi, I.W. 2012. Metodelogi Pendidikan. (Diktat): Universitas Mahasaraswati Denpasar. (tidak diterbitkan)

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Cet. XIII. Bandung : Alfabeta

Sudjana. (1986). Metoda Statistika. Edisi Keempat. “TARSITO” Bandung.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sumiati, dkk. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suyono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.20 Tahun 2003).(Jakarta: Sinar Grafika, 2008)

Downloads

Published

2022-06-01