ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ni Kadek Indah Permata Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Adi Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Analisis Pembelajaran, Model Blended Learning, Pembelajaran Matematika

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine how mathematics learning in the Blended Learning model at SMP Negeri 2 North Kuta. The research method used by the researcher is a qualitative case study method. Based on the results of data analysis and discussion, it illustrates that the mathematics learning process at SMP Negeri 2 North Kuta, precisely in class IX I, has been running effectively and has been carried out well, students and teachers already have the basic facilities needed, it illustrates the readiness of the blended model of mathematics learning process. learning. The teacher has carried out the implementation of learning in accordance with the plans that have been made and the teacher always carries out an evaluation of the students in order to measure the students' abilities. From the data on student questionnaire responses with overall indicators, some students responded as much as 52% in the category of strongly agree and 48% of students in the category of agreeing with the mathematics learning system using the blended learning model.

Keywords: Learning Analysis, Blended Learning Model, Mathematics Learning.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika dalam model Blended Learning di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menggambarkan bahwa proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Kuta Utara tepatnya kelas IX I sudah berjalan dengan efektif dan terlaksana dengan baik, peserta didik dan guru sudah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan proses pembelajaran matematika model blended learning. Guru sudah melaksanakan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dan guru selalu melaksanakan evaluasi terhadap siswa agar dapat mengukur kemampuan siswa. Dari data tanggapan angket siswa dengan keseluruhan indikator sebagian siswa merespon sebanyak 52% dalam kategori sangat setuju dan 48% siswa dalam kategori setuju dengan sistem pembelajaran matematika menggunakan model blended learning.

Kata Kunci : Analisis Pembelajaran, Model Blended Learning, Pembelajaran Matematika.

References

Al Aslamiyah. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109-114.

Asriana, A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Whatsapp Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VIII SMP TP. 45 Denpasar Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ellis, K. R. (2009). A Field Guide to Learning Management System. American: Society For Training and Development (ASTD).

Hasan. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature. 3(1), 99–110.

Rustaman. (2005). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Septia, F. (2019). Pengembangan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Sederajat. 9(2), 10.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2022-06-01