PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 1 DENPASAR

Authors

  • Lidia Saiman Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Made Arna Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengaruh, Kecerdasan Emosi, Prestasi Belajar

Abstract

 

ABSTRACT

This research is a research with quantitative method. This study aims to determine whether emotional intelligence influences students' mathematics learning achievement. The subjects of this study were students of class XI BKP1 Denpasar who were determined by the cluster sampling method, which was selected based on groups/classes. Data collection was obtained using questionnaires and documentation techniques. The results can be concluded. Based on the results of data analysis and simple linear regression calculations of Emotional Intelligence (X) with Learning Achievement (Y), the equation = 46.447 + 0.381x with a correlation coefficient of 0.766 indicates that there is an influence of emotional intelligence on learning achievement. Thus, the hypothesis which states that there is an influence of emotional intelligence on students' mathematics achievement is accepted. The above shows that solving problems in mathematics requires good concentration, patience and thoroughness. In managing concentration, patience, and thoroughness, strong motivation and emotional management are needed, so that students do not easily give up and give up when they cannot find the right solution.

 

Keywords : influence,  Emotional Intelligence, Learning Achievement

 

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan emosi pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI BKP1 Denpasar yang ditentukan dengan metode cluster sampling yaitu dipilih berdasarkan kelompok/kelas. Pengumpulan data diperoleh menggunakan angket dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan regresi linear sederhana Kecerdasan Emosi (X) Dengan Prestasi Belajar (Y), diperoleh persamaan   =  dengan koefisien korelasi sebesar 0,766 yang menunjukan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi belajar. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh kecerdasan emosi terhadap prestasi prestasi matematika siswa, diterima. Hal di atas menunjukan bahwa dalam menyelesaikan masalah dalam pelajaran matematika diperlukan konsentrasi, kesabaran dan ketelitian yang baik. Dalam mengelola konsentrasi, kesabaran, dan ketelitian dibutuhkan motivasi dan pengelola emosi yang kuat, sehingga siswa tidak mudah putus asa dan menyerah ketika belum dapat menemukan penyelesaian yang tepat.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Kecerdasan Emosi, Prestasi Belajar

References

Agus Efendi. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.

Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Goleman, Daniel (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional

mengapa EI lebih penting daripada IQ, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Goleman, Daniel. 2005. Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. 2005. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Martin, Anthony Dio.2003. Emotional Quality Management. Refleksi, Revisi dan Revitalisasi Hidup Melalui Kekuatan Emosi. Jakarta:Arga.

Martini Jamaris. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mustaqim. 2012. Pengaruh Repon Siswa atas Penggunaan Alat Peraga Papan Geometri dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatifnya pada Pokok Bahasan Geometri Bidang Datar di Kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon. Skripsi. Tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Salovey, P & Mayer, J D. 1999. Emotional Inteligence. Jakarta : PT. Gramedia.

Syamsu Yusuf. (2004). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triantoro Safaria dan Nofrans Eka Saputra (2009) MANAJEMEN EMOSI (sebuah

panduan cerdas bagaimana mengelola emosi positif dalam hidup

anda) Bumi aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2022-06-01