PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII B MTS ISLAMIYAH SUKOPURO

Authors

  • Nisa’I Shin Sholehah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Marhayati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Discovery learning, Sikap, Percaya diri, Pembelajaran, Matematika

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this research is to increase students' self-confidence through discovery learning in class VIII B mathematics at MTs Islamiyah Sukopuro in the 2021/2022 school year. To achieve this goal, the researcher conducted a Classroom Action Research (CAR) and it was carried out in two cycles. The subjects of this study were 27 students of class VIII B MTs Islamiyah Sukopuro. Data collection methods used are observation, observation sheets, field notes, and documentation. While the data analysis techniques used are data processing on observation sheets then data reduction, and drawing conclusions. The results showed that discovery learning was able to increase students' self-confidence in accordance with predetermined achievement indicators. The increase in the percentage of students' self-confidence from pre-cycle to cycle I reached 7.41% in the high category. Then it increased in the second cycle to 14.81% for the very high category, 22.22% for the high category, 48.15% for the medium category, and 14.81% for the low category. This increase is indicated by a change in attitude by students, namely there are some students who have dared to convey arguments related to a problem in front of the class and also many students have dared to work on the questions independently.

 

Keywords: Discovery learning, Attitude, Confidence, Learning, Mathematics

 

ABSTRAK

Tujuan  penelitian ini yaitu meningkatkan sikap percaya diri siswa melalui discovery learning pada mata pelajaran matematika kelas VIII B MTs Islamiyah Sukopuro pada tahun pelajaran 2021/2022. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII B MTs Islamiyah Sukopuro. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengolahan data pada lembar observasi kemudian reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning mampu meningkatkan sikap percaya diri siswa sesuai dengan indikator ketercapaian yang telah ditentukan. Peningkatan presentase kepercayaan diri siswa dari pra siklus ke siklus I mencapai 7,41% pada kategori tinggi. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 14,81% untuk kategori sangat tinggi, 22,22% untuk kategori tinggi , 48,15 % untuk kategori sedang, dan 14,81% untuk kategori rendah. Peningkatan ini ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap oleh siswa yaitu ada beberapa siswa yang sudah berani menyampaikan argument terkait suatu permasalahan didepan kelas dan juga sudah banyak siswa yang sudah berani mengerjakan soal secara mandiri.

 

Kata Kunci: Discovery learning, Sikap, Percaya diri, Pembelajaran, Matematika

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, Remediasinya. Rineka Cipta.

Ambarwati, R., Dwijanto, & Hendikawati, P. (2015). Kefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi MatematisS dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 180–186. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/7601/5263

Arinawati, P., Usodo, B., & Aryuna, D. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 3(4), 33–40.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2), 157–168.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Muhamad, N. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 9–22.

Mulyasa. (2017). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Siahaan, F. B. (2017). Application of Discovery Learning Model for Solving System of Linear Equations Using GeoGebra. International Journal of Applied Engineering Research, 12(19), 9195–9198.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Tukaryanto, Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 656–662.

Downloads

Published

2022-06-01