Peran Konseling Terhadap Efektivitas Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkotika Di Badan Narkotika Nasional (Bnn) Kabupaten Gianyar

Authors

  • Ni Wayan Trisnawati PT. Pelangi Emas Indonesia

Keywords:

Konseling, Rehabilitasi, Penyalahgunaan Narkotika

Abstract

Ketentuan pidana penyalahgunaan narkotika khususnya bagi pengguna di atur dalam pasal 127 Undang-undang Narkotika. Di dalam pasal 127 diatur bahwa bagi setiap penyalahguna narkotika diancam dengan pidana penjara sedangkan bagi pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika ditempatkan di lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Pemberian rehabilitasi terhadap penyalahgunaan narkotika dianggap perlu untuk menekan penggunaan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami prosedur dan mekanisme konseling terhadap rehabilitasi tindakan penyalahgunaan narkotika dan memahami peran konseling terhadap efektivitas rehabilitasi penyalahgunaan narkotika di BNN Kabupaten Gianyar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris, yang dilakukan dengan berinteraksi langsung dengan obyek yang diteliti dengan menggunakan pendekatan fakta dan pendekatan sosiologi hukum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme konseling terhadap rehabilitasi tindakan penyalahgunaan narkotika telah dijamin undang-undang, yang mana penetapan rehabilitasi terhadap pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika dapat melalui dua cara yaitu wajib lapor dan tertangkap tangan. Efektivitas pelaksanaan rehabilitasi penyalahgunaan narkotika di Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gianyar dapat di ukur melalui kejelasan tujuan yang hendak dicapai, strategi pencapaian tujuan, proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, perencanaan yang matang, penyusunan program yang tepat, tersedianya sarana dan prasarana serta sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik.

References

Buku

Adi, Kusno, 2009, Kebijakan

Kriminal Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Narkotika Oleh Anak, Malang, UMM Press.

Hamzah, Andi, 2009, Kejahatan Narkotika Dan Psikotropika, Jakarta, Sinar Grafika.

Imron, Ilmawati Fahmi, 2018, Fenomena Sosial, Banyuwangi, LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Makarao, Moh. Taufik, Suhasril, dan A.S., Moh. Zakky, 2003, Tindak Pidana Narkotika, Jakarta, Ghalia Indonesia.

Muhammad, Abdulkadir, 2004, Hukum dan Penelitian Hukum, Bandung, PT. Citra Aditya Bakti.

Soekanto, Soerjono, 2001, Penelitian Hukum Normatif, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Jurnal

Setiawan, Budi, Mashdurohatun, Anis, Chalim, Munsyarif Abdul 2017, Rehabilitasi Terhadap Terhadap Anak Korban Penyalahgunaan Narkoba, Jurnal Hukum Khaira Ummah Vol. 12. No. 4.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Negara Republik Indonesia tahun 1945

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika

Surat Edaran Mahkama Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2010 tentang penempatan penyalahgunaan kedalam lembaga medis dan sosial

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Ni Wayan Trisnawati. (2023). Peran Konseling Terhadap Efektivitas Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkotika Di Badan Narkotika Nasional (Bnn) Kabupaten Gianyar. Jurnal Hukum Saraswati (JHS), 4(2), 203–213. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JHS/article/view/5945