Peran Mahasiswa Dalam Upaya Pencegahan Korupsi

Authors

  • Luh Putu Swandewi Antari Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/jhshs.v4i1.4661

Keywords:

Mahasiswa, Pencegahan Korupsi

Abstract

Dari tahun ke tahun, permasalahan korupsi mengalami peningkatan intensitasnya. Dalam upaya pemberantasan korupsi, mahasiswa memiliki peran yang strategi suntuk berkontribusi dalam aktivitas konkret dengan melakukan pemetaan korupsi termasuk memberikan advokasi kepada korban korupsi. Usaha dalam mencegah maraknya praktik korupsi harus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali kaum muda Sejarah mencatat dengan tinta emas, perjuangan mahasiswa dalam memerangi ketidakadilan. Sejarah juga mencatat bahwa perjuangan bangsa Indonesia tidak bisa lepas dari mahasiswa dan dari pergerakan mahasiswa akan muncul tokoh dan pemimpin bangsa. Perjuangan mahasiswa belumlah berakhir. Di masa sekarang ini, mahasiswa dihadapkan pada tantangan yang tidak kalah besar dibandingkan dengan kondisi masa lampau. Kondisi yang membuat Bangsa Indonesia terpuruk, yaitu masalah korupsi yang merebak di seluruh bangsa ini. Mahasiswa harus berpandangan bahwa korupsi adalah musuh utama bangsa Indonesia dan harus diperangi.

References

Buku

Handoyo, Eko, 2015, Pendidikan AntikorupsiEdisiRevisi, PenerbitOmbak, Yogyakarta.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2018, Pendidikan AntikorupsiUntukPerguruan TinggiEdisiRevisi.

Jurnal

Suyanto, Totok, 2005, Pendidikan Anti Korupsi dan PengembanganBudayaSekolah, JPIS, Nomor 23 Tahun XIII EdisiJuli-Desember.

Downloads

Published

2022-07-26

How to Cite

Luh Putu Swandewi Antari. (2022). Peran Mahasiswa Dalam Upaya Pencegahan Korupsi. Jurnal Hukum Saraswati (JHS), 4(1), 70–84. https://doi.org/10.36733/jhshs.v4i1.4661