PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW: PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NW PERMATAN)

Authors

  • Nikmawati SMA NM Permatan

Keywords:

Hasil belajar, Pendekatan kooperatif, PendekatPendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengoptimalkan hasil belajar biologi sistem gerak pada manusia dan hewan melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw bagi siswa Kelas XI IPA 1 SMA NW Permata pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan bulan Januari Maret 2021, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus sebanyak dua kali pertemuan dan pada pertemuan ketiga dilakukan post test. Sebagai bahan perbandingan/acuan sebelum melakukan penelitian, guru/peneliti menjadikan nilai ulangan tengah semester sebagai nilai prasiklus. Indikator keberhasilan dilihat dari peningkatan pemahaman konsep yang di peroleh dari hasil post test. Instrumen yang digunakan berupa lembaran tes. Berdasarkan tindakan yang telah diterapkan dalam siklus I dan siklus II ternyata dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang tepat, dalam hal ini model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar khususnya materi sistem gerak dan sekaligus mendorong siswa untuk lebih aktif dalam menggali ilmu pengetahuan dan menumbuhkan sikap kerjasama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, D. H., Hasibuan, M. N. S., Hasibuan, E. R., & Nazliah, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 9(2), 437-439.

Aronson, E., Bridgeman, D., & Jigsaw, C. (1978). Jigsaw groups and the desegregated classroom: In pursuit of common goals. Personality and Social Psychology Bulletin, 4(2), 161-171.

Bybee, R. W. (2014). NGSS and the Next Generation of Science Teachers. Journal of Science Teacher Education, 25(2), 211-221.

Herawati, L., & Irwandi, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 09 Lebong. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Suparman, S., Wondal, R., & Djamrud, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 2(1).

Trowbridge, L. W., & Bybee, R. W. (1996). Teaching Secondary School Science: Strategies for Developing Scientific Literacy (6th ed.)

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

Nikmawati. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW: PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NW PERMATAN). Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(2), 108–114. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8128