PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS Xl IPA DI SMA NEGERI SATU ATAP KLUMPU

Authors

  • I Ketut Cita Adnyana SMA Negeri Satu Atap Klumpu

Keywords:

Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Sistem Pernapasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar biologi peserta didik kelas XI SMA Negeri Satu Atap Klumpu melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Satu Atap Klumpu dengan materi sistem pernapasan  pada kelas XI IPA pada tanggal 11 Februari semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 19 peserta didik. Data penelitian mengenai peningkatan motivasi pelajaran sistem pernapasan, melalui angket motivasi belajar yang diisi oleh guru pada siklus II. Proses pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi sebagai bekal untuk dapat berperan dalam kehidupan di masa depan. Selain itu, pendidikan diharapkan agar dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh peserta didik untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis kuantitatif yaitu kuantitatif peningkatan motivasi hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu: peningkatan motivasi pada siklus II yang secara umum pada kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi hasil belajar peserta didik kelas XI IPA  SMA Negeri Satu Atap Klumpu dengan nilai rata-rata motivasi  pada siklus II berada pada kategori motivasi sangat baik bahwa motivasi belajar yang konsentrasi belajar mencapai 2,4 %, pencapain pada tugas mencapai 4,4% baik sekali mencapai 11,6%. Motivasi untuk perhatian pada perhatin tugas mencapai  cukup 4 %, perhatian pada kegiatan belajar rasa ingin tahu 6% , berperan dalam kegiatan belajar dan rasa ingin tahu sudah mencapai 9 %. Dan untuk baik sekali cukup 5 %, baik 4%  dan baik sekali 9%. Bagi peneliti yang ingin menerapkan model pembelajaran Discovery Learning, agar memperhatikan keterlaksanaan sintaks sesuai dengan alokasi waktu pembelajaran agar proses pembelajaran lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, 2018. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

Yuliani, M., Keliat, N. R., Sastrodihardjo, S., & Kurniawati, D. 2017. Pembelajaran Model Discovery Learning dan Strategi Bowling Kampus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA The Discovery Learning Model and Bowling Campus Strategy for Improving the Cognitive Learning Results and Science Learning Motivation, Journal Bio edukasi, 10 (1), 23-32

Halimah, M. 2017. Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Biologi Materi Jamur Di SMA Negeri 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1809-1821

Darmawati, J. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar dengan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(1), 79-90

Fitri, E. S dan Susilo, M.J. 2019. Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X.3 Melalui Model Group Investigation (GI) pada Materi Avertebrata di SMA Negeri I Pajangan. Jurnal Bioedukatika, 1(1), 33-46

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Christyanti, L. 2015. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Materi Teori Evolusi dengan Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) pada Siswa Kelas XII IPA1 di SMA NEGERI 6 KOTA BEKASI. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(2), 102–109

Downloads

Published

2021-09-07

How to Cite

I Ketut Cita Adnyana. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS Xl IPA DI SMA NEGERI SATU ATAP KLUMPU . Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(2), 102–107. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8076