PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Problem-Based Learning (PBL), youtube gambar, motivasi belajarAbstract
Motivasi belajar siswa merupakan kunci dalam membuka akses potensi penuh yang dimiliki oleh siswa, karena dapat menciptakan dorongan internal yang memacu siswa untuk terlibat aktif, memiliki semangat dalam menghadapi tantangan dan cenderung lebih terbuka terhadap pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi model Problem Based Learning (PBL) berbatuan media youtube dan gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui proses pemecahan masalah yang ditemui guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negri 03 Pringgabya Utara yang berjumlah 16 orang. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data peningkatan motivasi belajar siswa dan dianalisis dengan statistik deskrpitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 81,25 %, dan siklus 2 sebesar 94%. Implikasi penelitian pemanfaatan media youtube dan gambar melalui model PBL penting dilakukan untuk memvisualisassikan konsep-konsep sulit sehingga siswa lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Güvenç, G. (2018). The flipped classroom approach in teaching writing : An action research. International Journal of Social Sciences and Education Research Online, 4(3). http://dergipark.gov.tr/ijsser
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sbegai Media Pembelajaran Untuk Siswa di Sekolah Dasar. TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN DASAR BERMUTU DAN BERKARAKTER, 96–102.
Ilyasir, F. (2019). Pendidikan demokratis di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26499
Nurjannah, S., Wahyuni, S., & Buduarso, A. S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Tekanan Hidrostatis. Seminar Nasional N-ConferSe III 2021. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37194
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082/pdf
Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. 2(3), 241–247.
Suradika, A., Dewi, H. I., & Nasution, M. I. (2021). Project-Based Learning and Problem-Based Learning Models in Critical and Creative Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 153–167. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.39713
Yudha, C. B. Y. (2019). Penerapan Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. Dwija Cendekia, 3(1), 30–42. https://jurnal.uns.ac.id/jdc
Yulianto, A., & Hidayanto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(September).