PENINGKATAN MINAT BACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN KELAS X DI SMKS NW WANASABA

Authors

  • Hasiatillah SMKS NW Wanasaba

Keywords:

Minat, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket. Proses pengumpulan data dengan pengisian angket oleh siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pelaksanaan penelitian pembelajaran ini menunjukan bahwa aspek penilaian terdapat peningkatan minat baca siswa. Aspek Sungguh-sungguh membaca materi sebelum tindakan 73% setelah tindakan 82%, berminat terhadap materi yang disajikan sebelum tindakan 77% setelah tindakan 86%, aspek materi mudah dipahami dari referensi yang disediakan sebelum tindakan 73% menjadi 86%, aspek senang dalam membaca materi yang didiskusikan sebelum tindakan 82% menjadi 91%, aspek senang belajar ketika guru membuat dalam bentuk permainan sebelum tindakan 82% menjadi 95%, aspek senang belajar dengan berdiskusi kelompok sebelum tindakan 82% menjad 95%, penelitian ini menunjukan adanya peningkatan minat baca dengan penerapan model pembelajaran inovasi sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayati, N. (2016). Sistem e-learning untuk meningkatkan proses belajar mengajar: Studi kasus pada SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Telematika Mkom, 2(2), 153-170.

Jayawardhana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, August). Inovasi pembelajaran biologi di

era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp.

-66).

Irnaningtyas dan Sylva Sagita dkk., (2022). IPA Biologi Untuk SMA/MA Kelas X.

Jakarta: Erlangga

Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 407-417.

Downloads

Published

2021-09-06

How to Cite

Hasiatillah. (2021). PENINGKATAN MINAT BACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI RANTAI MAKANAN DAN JARING-JARING MAKANAN KELAS X DI SMKS NW WANASABA. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(2), 86–90. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8073