PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN AIR KELAS X DI SMA NEGERI 1 EMPANG
Keywords:
Motivasi, Model Pembelajaran Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket. Proses pengumpulan data dengan pengisian angket oleh siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pelaksanaan penelitian pembelajaran ini menunjukan bahwa aspek penilaian terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Aspek kemandirian, 75% setelah tindakan 85%, tanggung jawab 76%, sesudah tindakan 89% dan aspek koneksi emosional sebelum tindakan 82%, sesudah tindakan 92%. Berdasarkan data yang diperoleh Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar dengan penerapan model pembelajaran inovasi Problem Based Learning yang signifikan di beberapa aspek terutama di aspek koneksi emosional dengan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Downloads
References
Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Distroly, Dalam Hamalik,2021.Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Ananda, R., (2019). Perencanaan pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Harahap, A., (2018). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SDIT. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 18-36.
Irnaningtyas dan Sylva Sagita dkk., (2022). IPA Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga
Caroline, E. Metode Kuantitatif. Media Sahabat Cendikia, 2019
Ramadhan, I. "Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1." Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 4.3 (2021): 358-369