PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KAJIAN LITERATUR DAN MEDIA POWER POINT

Authors

  • Mohammad Efendi SMK Negeri 1 Sambelia

Keywords:

Motivasi belajar, Hasil belajar, model pembelajaran PBL, Kajian Literatur, Media power point

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran problembased learning berbantuan kajian literature dan media pembelajaran mata pelajaran IPAS kelas X ULW SMKN 1 Sambelia. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X ULW SMKN 1 Sambelia yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi "mahluk hidup dan lingkungan" mata pelajaran biologi kelas X ULW SMKN 1 Sambelia. Kesimpulan ini didasarkan adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar dan hasil belajar. Motivasi belajar peserta didik pada pra siklus adalah 2.28 (kriteria rendah). Sedangkan pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 3.59 (kriteria tinggi), dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebanyak 57.46%. Pada siklus II nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik adalah 4.05 (kriteria tinggi). Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 12.81%. Hasil belajar peserta didik pada pra siklus adalah 65.5 (kriteria kurang). Sedangkan pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar diperoleh adalah 84 (kriteria rendah), dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebanyak 28.24%. Pada siklus II nilai rata-rata motivasi belajar peserta didik adalah 88 (kriteria tinggi). Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 4.76%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rosyidah, N. D., Nagara, D. T., & Supriana, E. (2019). Model Problem based learning (PBL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019 (hal. 46-49). Jember: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP-Universitas Jember.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Sumiati. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ideguru. Vol.3, No.1 (85-92)

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wingkel. (2012). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2021-09-07

How to Cite

Mohammad Efendi. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KAJIAN LITERATUR DAN MEDIA POWER POINT. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(2), 75–81. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8071