UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA ISLAM PLUS AMALI

Authors

  • Muh. Zainuddin SMA Islam Plus Amali

Keywords:

keterampilan komunikasi, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas XI pada pembelajaran biologi melalui penerapan Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian tiap siklus terdiri dari planning, acting, observing, dan reflection. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Islam Plus Amali Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa dengan keterampilan komunikasi yang rendah. Data penelitian tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa kelas XI SMA Islam Plus Amali pada pembelajaran biologi mengalami peningkatan melalui penerapan PBL. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi yang di peroleh dari siklus 1 dan siklus 2 yang menunjukkan adanya peningkatan keterampilan komunikasi siswa yaitu diperoleh bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Keterampilan komunikasi rata-rata pada siklus I sebesar 21,75% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 54,32%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal The Original Research of Mathematics, 1(2), 92-100.

Aprilia Wulandari, R. (2013). Analisis Keterampilan Komunikasi dalam Penyusunan Laporan Praktikum Termokimia Pada Siswa Kelas XI IPA. Skripsi. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2107.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas.2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penelitian Mata Pelajaran Kimia. Jakarta : Depdiknas.

Cartono. 2005. Biologi Umum untuk Perguruan Tinggi LPTK. Bandung: Prisma Press.

Cartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106.

Aprilia Wulandari, R. (2013). Analisis Keterampilan Komunikasi dalam Penyusunan Laporan Praktikum Termokimia Pada Siswa Kelas XI IPA. Skripsi. Diakses dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2107

Semiawan,C.R. 1989. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2021-09-04

How to Cite

Muh. Zainuddin. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA ISLAM PLUS AMALI. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(2), 69–74. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8070