PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LERNING (PBL) PADA MATERI KENEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 9 TAKALAR

Authors

  • Hasruddin SMA Negeri 9 Takalar, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan

Keywords:

Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati, PTK

Abstract

Pembelajaran biologi dikelas X IPA SMAN 9 Takala rmasih bersifat teacher centered sehingga siswa tidak terlibat aktif, merasa bosan dan kurang menarik saat mengikuti proses pembelajaran. Penelitian  ini bertujuan untuk   Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) di SMA Negeri 9 Takalar.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 9 Takalar tahun ajaran 2023/2024 mata pelajaran Biologi materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 46,6%, pada siklus II menjadi 86,6% dan pada siklus III sebesar 100%. Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIPA SMA Negeri 9 Takalar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Asriningtyas AN, Kristin F, Anugraheni I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. http: jurnal.unimus.ac.id/ index. php/JPMat 5(1):23-32.

Hardiwiyono AS. 2018. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Muatan Pelajaran IPA Tentang Sistem Pernapasan Manusia [skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Indasari. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD 90 Tadulako. [Skripsi]. Palopo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo.

Kokom K, Herminato S. 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013 Di

SMK (1nd ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Lismaya L. 2019. Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media

Sahabat Cendekia

Maryati I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola

Bilangan di kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal “Mosharafa”

(1):63-73.

Mulyani S. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Melalui

Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1

Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Penddikan

(2):143-150.

Nur S, Pujiastuti IP, Rahman SR. 2016 . Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik 2(2):133-141.

Pana IA. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Biologi (Study Khusus SMA Negeri 5 Model Palu). Tapis Jurnal Penelitian Ilmiah 4(1):147-173.

Putra A. 2017. Mengkaji & Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia). Perbandingan Kurikulum 2017. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Samawa, Sumbawa Besar.

Putri MT. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Asli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keaneragaman Hayati. [skripsi]. Bandung: Program Studi Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan.

Ramlawati, Yunus SR, Insani A. 2017. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning)

terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat 6(1):1-

Rerung N, Irwi LSS, Sri WW. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuN UIN Raden Intan Lampung 06 (1):45-55.

Sari PR. 2017. Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS S 1 SMA Negeri 1 Welahan. [skripsi]. Semarang: Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial.

Setiyadi MW. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Sains Dan Teknologi 2(1): 22-28.

Suardana P. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research 3(3): 271-172.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Hasruddin. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LERNING (PBL) PADA MATERI KENEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 9 TAKALAR. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(2), 58–63. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8066