PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DI SMAN 1 TALIWANG

Authors

  • Arfan Hadna SMA Negeri 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Nusa Tenggara Barat

Keywords:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar biologi peserta didik kelas X8 SMAN 1 Taliwang melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Taliwang dengan subjek penelitian adalah peserta didik X8 pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 peserta didik. Data penelitian mengenai peningkatan aktivitas diperoleh melalui lembar observasi peserta didik yang diisi oleh 2 observer tiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yaitu peningkatan dengan rata-rata persentase aktivitas pada siklus I berada pada kategori aktivitas cukup aktif, pada siklus II berada pada kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas peserta didik kelas X8 SMAN 1 Taliwang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, NA, & Suwondo, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 9(1), 1-8.

Mulyani, S., & Nugroho, SE (2021). Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning di Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 8(1), 20-29.

Kusumawardani, R., & Susanto, H. (2018). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 200-207.

Asparindah. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Fkip Universitas Jambi.

Sari, DP, & Ramayanti, LA (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Cendekia, 5(1), 12-20.

Cintia, Nichen Irma, Kristin Firosalia, A. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. 32(1), 69–77.

Jonassen, DH (1991). "Objektivisme vs konstruktivisme: Apakah kita memerlukan paradigma filosofis baru?" Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pendidikan, 39(3), 5-14.

Rahmatullah, & Inanna. (2019). Pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas bagi guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3 (1) Oktober 2019, Hlmn. 19 – 25, 3(1), 19–25.

Trianto. (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kenacana.

Masdariah, Nurhayati B, R. (2013). Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar , Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Descriptive Study of Discovery Learning Model In Improving

Downloads

Published

2021-03-08

How to Cite

Arfan Hadna. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DI SMAN 1 TALIWANG. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(1), 53–57. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8065