PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN AIR DI SMPS ISLAM QIBLATUL MUSTAQIM

Authors

Keywords:

problem based learning, hasil belajar, pencemaran air

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem based learning. Bentuk penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design.Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk essay. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memberi pengaruh sebesar 39,44 % terhadap hasil belajar siswa pada sub pencemaran air di SMPS Islam Qiblatul Mustaqim.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mahfuz Hazemi Alim, [email protected]

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajarkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem based learning. Bentuk penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design.Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk essay. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memberi pengaruh sebesar 39,44 % terhadap hasil belajar siswa pada sub pencemaran air di SMPS Islam Qiblatul Mustaqim

References

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Busra, K.H, Festiyed, dan Ramli. (2015). Anais Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Power Point Berbasis Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Fisika II. Universitas Negeri Padang.

Cahyaningsih, P., Siswanto, J., dan Sukamto. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4. No. 1.

Prima. C., & Heni, R.,(2015), Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, vol 16. No 1

Rifa’i, A & C.T. Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Suherman, E. 2011. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Budaya. On line at http://educare.e- fkipunla.net [diakses tanggal 15 Mei 2015].

Widjajanti, D. 2011. Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya. Jurusan FMIPA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Woods, D.R. 2006. Preparing for PBL. Canada: McMaster University.

Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 3(2).

Downloads

Published

2021-03-08

How to Cite

Mahfuz Hazemi Alim. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN AIR DI SMPS ISLAM QIBLATUL MUSTAQIM. Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(1), 48–52. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8064